5 Kelebihan Usaha Ternak Lele Sangkuriang

5 Kelebihan Usaha Ternak Lele Sangkuriang – Budidaya Ikan Lele sangkuriang ini merupakan suatu jenis ikan lele yang memiliki bentuk tubuh yang lebih besar dari ikan-ikan lele lainnya. Lele sangkuriang ini ternyata memiliki keunggulan tersendiri, mulai dari dagingnya yang lembut, rasa dagingnya gurih.

Selain dari keunggulan yang di miliki lele sangkuriang tersebut, ternyata pembudidayaan lele sangkuriang ini terbilang sangat mudah untuk di lakukan. Sehingga tak sedikit para petani ikan lele ini untuk melakukan pembudidayaan ikan lele sangkuriang.

Advertisement

Pembudidayaan ikan lele sangkuriang ini ternyata juga sangat menguntungkan bagi para petani lele sangkuriang. Pasalnya lele sangkuriang ini dapat di perjual belikan dengan harga yang sangat tinggi.

5 Kelebihan Usaha Ternak Lele Sangkuriang

Lele sangkuriang ini termasuk jenis lele yang memiliki kualitas yang lebih tinggi di bandingkan dengan jenis lele lainnya. Selain itu untuk membudidayakan lele sangkuriang ini sangat lah mudah dan juga pembudidayaan lele sangkuriang ini dapat membawa banyak keuntungan bagi para petani lele tersebut.

Intinya untuk jenis lele sangkuriang yang satu ini memiliki keunggulan yang lebih di bandingkan dengan jenis lele lainnya, seperti lele dumbo dan lele hutan.5 Kelebihan Usaha Ternak Lele Sangkuriang

Keunggulan dari lele sangkuriang ini ialah memiliki daging yang lebih banyak, selain itu dagingnya pun terasa lebih lembut dan gurih.

Produksinya Lele Sangkuriang tergolong Tinggi 

Seperti yang telah kita ketahui sebelumnya, bahwa lele sangkuriang ini cukup terkenal di kalangan masyarakat luas. Maka dari itu produksi dari lele sangkuriang ini semakin tinggi di bandingkan dari jenis lele lainnya, seperti halnya lele dumbo dan jenis lele hutan.

Dalam melakukan pembudidayaan lele sangkuriang ini biasanya lele sangkuriang di budidayakan dengan memberikan pakan yang tidak terlalu banyak. Pakan yang di berikan untuk lele sangkuriang ini biasanya di berikan sekitar 2 ton untuk 25.000 ekor lele sangkuriang.

Sehingga pembudidayaan lele sangkuriang ini terlihatsangat menguntungkan alias tidak memakan biaya yang cukup besar.

Panen lele sangkuriang ini lebih cepat Dan Singkat

Selain itu, masa panen dari lele sangkuriang ini lebih cepat di bandingkan dengan lele-lele lainnya. Biasanya waktu panen dari lele sangkuriang ini ketika lele sangkuriang tersebut telah memasuki usia satu bulan sejak di tebar.

Bukan hanya itu saja, lele sangkuriang ini dapat sampai masa panen nya apabila suhu udara yang ada di sekitar tempat pemanenan mencapai 20-24 derjat Celcius. Biasanya benih lele sangkuriang yang telah siap di sortir, dapat di jual untuk memenuhi kebutuhan usaha pembesaran.5 Kelebihan Usaha Ternak Lele Sangkuriang

Daya Tetas lele sangkuriang tergolong unggul

Dalam kemampuan bertelur, lele sangkuriang ini memiliki kemampuan bertelur dan daya tetas telur yang sangat tinggi pula. Biasanya untuk jenis lele sangkuriang ini jarang sekali yang mengalami kegagalan dalam menetaskan telurnya, sehingga untuk penetasan telur lele sangkuriang ini tidak mengalami kerugian.

Untuk populasi larva atau anakan lele sangkurian ini dapat di hasilkan lebih banyak lagi dalam setiap kali di lakukannya proses pemijahan. Sehingga jumlah benih yang di hasilkan dan benih yang dapat di jual untuk di perbesar tersebut juga lebih banyak.

Jika jumlah benih yang di hasilkan lebih banyak lagi, maka tentunya para petani lele sangkuriang ini akan mendapatkan keuntungan yang berlipat-lipat di bandingkan dengan kita melakukan pembudidayaan jenis lele lainnya.5 Kelebihan Usaha Ternak Lele Sangkuriang

Biasanya untuk jenis lele sangkuriang ini memiliki daya tetas hingga mencapai 70.000 butir dalam sekali melakukan pemijahan, maka dari itulah pera petani lele ini lebih memilih lele sangkuriang untuk di budidayakan, karena jenis lele yang lainnya belum tentu memiliki keuntungan yang berlipat juga.

Selain itu masih banyak lagi keunggulan yang terdapat di dalam lele sangkuriang ini. Jika anda ingin mengetahuinya lebih jelas lagi, anda bisa langsung melihatnya di bawah ini :

Lele sangkuriang Lebih Tahan terhadap penyakit

Lele sangkuriang ini berbeda dengan jenis lele lainnya, karena lele sangkuriang ini memiliki daya tahan tubuh yang lebih besar di bandingkan jenis lele pada umumnya.

Untuk jenis lele sangkuriang ini biasanya lebih tahan terhadap berbagai macam serangan penyakit. Lele yang satu ini dapat tahan terhadap penyakit dengan lendir yang ada di seluruh tubuhnya.

Advertisement

Tetapi walaupun jenis lele sangkuriang ini tahan terhadap berbagai macam serangan penyakit, bukan berarti lele sangkuriang ini dapat di biarkan lepas begitu saja, lele sangkuriang tersebut harus berada di dalam pengawasan selalu, agar penyakit tidak mudah menyerang lele sangkuriang ini.

Biasanya yang membuat lele sangkuriang ini rentan terhadap serangan penyakit ialah kondisi cuaca yang ada di sekitar tempat pembudidayaan tersebut berubah-ubah.

Kualitas daging Lele sangkuriang lebih unggul

Untuk jenis ikan lele sangkuriang ini memang memiliki kualitas daging yang lebih unggul di bandingkan dengan daging lele biasa. Keunggulan dari lele sangkuriang ini telah terbukti nyata dari daging lele yang lebih padat.

Bukan hanya itu saja, untuk jenis lele sangkuriang ini sebenarnya memiliki kandungan lemak yang tidak terlalu berlebihan. Sehingga sangat baik untuk di konsumsi dalam kehidupan sehari-hari.

Semakin muda umur dari lele sangkuriang tersebut,  maka akan semakin gurih dan lembut pula daging lele sangkuriang tersebut, begitu pula sebaliknya.5 Kelebihan Usaha Ternak Lele Sangkuriang

Selain itu, kualitas lele sangkuriang yang semakin tinggi ini membuat daging dari lele sangkuriang ini tidak berbau lumpur atau berbau amis seperti jenis lele pada umumnya.

Lele sangkuriang Lebih tahan banting

Tidak seperti jenis lele lainnya, lele sangkuriang ini termasuk jenis ikan yang tahan banting. Yang di maksud dari tahan banting ini ialah, lele sangkuriang ini dapat bertahan hidup di berbagai lokasi, seperti di lokasi air tawar yang tidak memiliki kandungan oksigen.

Maka dari itu petani lele sangkuriang ini dapat meletakkan lele sangkuriang tersebut di tempat lokasi mana pun. Sehingga lele sangkuriang ini pantas di sebut jenis lele yang lebih tahan banting.

Kelebihan Lain Dari Usaha ternak Budidaya lele Sangkuriang.

Dalam melakukan pemeliharaan lele sangkuriang ini harus di lakukan dengan cara yang baik dan benar. Tetapi untuk jenis lele sangkuriang ini dapat di budidayakan tanpa adanya perawatan yang khusus. Sifatnya yang tahan banting ini dapat membuat lele sangkuriang di budidayakan di berbagai lokasi.

Biasanya lahan atau lokasi yang di gunakan untuk melakukan pembudidayaan ini harus berada di tempat yang terbuka lebar. Selain itu lahan atau lokasi yang akan di gunakan untuk melakukan pembudiayaan lele sangkuriang ini tidak boleh berada dibawah pepohonan yang lebat, karena itu akan mengganggu proses perkembangan lele sangkuriang tersebut.

Teknik pemeliharaan Lele lebih mudah

Untuk melakukan pemeliharaan lele sangkuriang ini di butuhkan teknik yang terbaik. Teknik pemeliharaan yang di lakukan ini biasanya lebih mudah di bandingkan dengan teknik pemeliharaan jenis lele lainnya.

Teknik pemeliharaan yang lebih mudah ini membuat para petani lele ini semakin bersemangat dalam melakukan pembudidayaan lele sangkuriang ini. Untuk melakukan pergantian airnya, biasanya tidak harus sering di lakukan, karena pada dasarnya jenis lele sangkuriang ini berbeda dengan jenis lele lainnya.

Biasanya untuk air kolam lele sangkuriang ini baru dapat di ganti ketika telah mencapai umur hingga 2 tahun. Jika telah mencapai umur tersebut air yang ada di kolam lele tersebut harus segera di ganti, agar tidak terjangkit penyakit. Tetapi jika anda ingin menggantinya dalam jangka waktu setahun sekali, maka itu lebih baik lagi.5 Kelebihan Usaha Ternak Lele Sangkuriang

Bisa di Budidayakan di lahan yang sempit perkotaan

Bukan hanya itu saja, lele sangkuriang ini ternyata juga bisa di budidayakan di lahan yang sempit. Lahan yang sempit tersebut seperti di sekitar pekarangan rumah atau di mana pun juga.

Seperti halnya di tempat seperti gudang, garasi mobil atau pun di atas rumah, semuanya juga bisa di jadikan sebagai tempat pembudidayaan lele sangkuriang.

Jangan salah, pembudidayaan di lahan yang sempit ini justru dapat membuat kualitas lele sangkuriang semakin baik. Tingkat keberhasilannya punnya semakin tinggi pula, sehingga angka produksi dari lele sangkuriang yang di budidayakan di lahan yang sempit ini pun semakin meningkat.

Benih Lele sangkuriang Mudah di peroleh

Selain dari itu, benih lele sangkuriang ini pun sangat mudah di peroleh di mana pun kita berada. Biasanya para petani lele sangkuriang ini bisa mendapatkan benih lele tersebut melalui pemesanan via online, atau pun juga bisa di dapatkan melalui petani sangkuriang lainnya.

Biasanya benih yang di pesan melalui daerah yang berbeda ini dapat membuat harga benih tersebut semakin tinggi. Maka dari itu sebaiknya jika ingin mendapatkan benih lele sangkuriang yang lebih murah,

Maka kita harus mendapatkannya dengan memesan kepada petani lele sangkuriang yang ada di sekitar tempat lokasi pembudidayaan kita sendiri.demikian 5 Kelebihan Usaha Ternak Lele Sangkuriang semoga bisa berguna dan membantu..

Advertisement
5 Kelebihan Usaha Ternak Lele Sangkuriang | admin | 4.5