Cara Beternak Kelinci Pedaging Rumahan

Cara Beternak Kelinci Pedaging Rumahan – Beternak kelinci untuk saat ini memang sudah menjadi tren tersendiri di kalangan masyarakat.sebab beternak kelinci kusus pedaging juga akan membeirikan prospek bisnis cerah yang cukup menguntungkan jika kita melihat persaingan di pasaran tergolong masih belum banyak..

Dengan demikian,Jika anda ingin memulai beternak kelinci skala rumahan,Mungkin memerlukan beberapa panduan yang harus anda lengkapi terlebih dahulu.Sebab nantinya ilmu pengetahuan tentang Cara beternak kelinci ini mampu mempermudah anda ketika anda mengalami permasalahan dalam tata cara perawatan..

Advertisement

Cara beternak kelinci pedaging rumahan Ada beberapa faktor yang harus anda perhatikan sebelum memulai bisnis kelinci ini baik untuk skala kecil maupun untuk skala besar.beberapa faktor serta hal pertama yang wajib harus anda penuhi antara lain.

Cara Beternak Kelinci Pedaging Rumahan

Berikut ini beberapa ciri-ciri kelinci sehat yang bagus untuk anda jadikan indukan kelinci baik mulai dari anakan maupun untuk kelinci dewasa.Yang pertama adalah lihat mata kelinci tersebut.kelinci sehat memiliki mata bersinar dan memiliki selaput bersih.Selain itu,mata kelinci juga terlihat bersinar bola matanya bersih tidak ada kotoran..memilih induk kelinci sehat

Untuk mata kelinci yang kurang sehat akan kelihatan berair,basah dan lengkat yang menandakan jika kelinci sedang terserang penyakit seperti bakteri,akibat debu da n kualitas kandang yang kurang terjaga kebersihannya..

Selain itu,lihat bagian mulut dan hidungnya.kelinci sehat memiliki mulut dan hidung relatif bersih dan kering.nah untuk kelinci yang kurang sehat,akan terlihat lebih kotor berair yang menandakan jika kelinci sedang mengalami suatu penyakit kulit yang biasa menyerang pada bagian hidung kelinci.

Baca Juga: Lokasi Terbaik Membuat Kandang Kelinci Pedaging

Lihat juga di bagian telinganya.kelinci sehat memiliki telinga yang tidak terdapat bintik-bintik merah.nah jika pada bagian telinga kelinci tersebut kita temukan beberapa bintik-bintik merah,maka bisa di pastikan jika kelinci sedang mengalami penyakit kulit.dan hal ini kurang bagus jika untuk di jadikan indukan kusus untuk berternak.

Selain itu,perhatikan juga kedua telinganya,kelinci sakit kedua telinganya akan menurun lurus ke arah belakang.Kusus untuk kelinci dengan jenis lop,ciri ini tidak berlaku,sebab kelinci Lob memang memiliki telinga yang sedikit menjuntai ke bagian bawah.

Dan yang terahir adalah di bagian dubur kelinci tersebut.Kelinci sangat rentan terhadap penyakit diare dan mencret,jadi untuk mengetahui kesehatan sebuah kelinci,maka bisa menggunakan patokan dengan melihat dubur.

Bubur kelinci sehat lebih bersih dan kering tidak ada bercak kotoran dan lendir di bagian dubur kelinci tersebut.Kelinci yang sedang terserang diare dan mencret akan lebih kotor dan di tandai bagian dubur terlihat banyak bekas kotoran dan sedikit mengeluarkan lendir dengan bau busuk.

Membuat Kandang Kelinci Sesuai tipe.Cara Beternak Kelinci Pedaging Rumahan

Yang berikutnya juga harus anda perhatikan adalah kandang.untuk kelinci pedaging,kandang juga akan ikut berperan penting dalam masa beternak tersebut,sukses atau tidak,tergantung kandang serta tata cara penempatan yang benar.

Baca Juga: Tips Sukses Ternak Kelinci Potong Dan Pedaging

Yang pertama dalam pemilihan lokasi untuk beternak kelinci.sesuai habitat liarnya,jika kelinci lebih menyukai lokasi kandang sejuk dan kering.jadi lokasi tersebut harus anda penuhi untuk keberhasilan beternak yang sedang anda rintis berhasil dengan mulus.

Dan untuk yang berikutnya adalah pemilihan bentuk,ukuran serta model kandang yang bisa di sesuaikan dengan lokasi yang tersedia,jika lokasi sempit,maka kandang yang kita buat bisa menjadi beberapa tingkat.Hal ini supaya bisa memuat kelinci dalam jumlah banyak.

Bahan yang di gunakan juga bisa di sesuaikan dengan modal,jika modal cukup,anda bisa menggunakan kayu broti yang mana jenis bahan ini lebih memiliki kekuatan jika kita bandingkan dengan bahan dari bambu.

Advertisement

Bisa juga menggunakan bahan seperti kawat,besi sebagai dinding kandang yang lebih kuat dan terjamin keamanan apalagi jika lokasi kandang berada di luar rumah,untuk menghindari hal-hal yang tidak di inginkan.Jangan lupa lengkapi juga kandang tersebut dengan tempat pakan,boks untuk indukan melahirkan,tempat minum dan selalu menjaga kebersihan kandang setiap hari supaya kelinci lebih sehat.

Pakan kusus untuk beternak kelincipakan kelinci hijauan

Pakan yang kita berikan akan berperan lebih besar jika kita bandingkan dengan persyaratan lainnya.sebab pakan berkualitas akan membuat kelinci lebih cepat besar dan mampu membuat reproduksi lebih unggul dan produktif.

Ada beberapa jenis pakan yang bisa anda pilih,antara lain,rumput segar,sayuran,pakan berupa biji-bijian dan pakan tambahan berupa konsentrat yang bisa kita racik sendiri sesuai yang di butuhkan.

Perlu di ketahui,pakan yang kita berikan harus segar setiap harinya,jangan di berikan kelinci dengan pakan layu dan sudah beberapa hari.hal ini kurang bagus untuk kesehatan kelinci peternak.Selain dari pakan rumput dan sayuran,pakan jenis lain misal biji-bijian juga bisa kita berikan.

Baca Juga: Cara Memelihara Kelinci Pedaging Cepat Besar

Pakan berupa biji mampu membuat stamina kelinci lebih aktif untuk bergerak.selain itu,kasiat pakan biji juga bisa untuk membuat air susu kelinci mampu mengalir dengan deras kusus untuk indukan yang sedang menyusui anaknya,dan wajib untuk kita berikan ketika sang induk sedang bunting..

Sebelum biji kita berikan,akan lebih bagus jika kita haluskan terlebih dahulu supaya lebih mudah untuk di cerna dengan cara bisa anda giling,blender atau tumbuk menjadi halus.Bisa juga biji tersebut kita rebus terlebih dahulu supaya lebih memiliki tekstur lembut yang mana akan lebih mudah kelinci untuk memakannya..

Cara Beternak Kelinci Pedaging Rumahan

Tempat air minum bisa dengan botol yang di gantungkan

Untuk tata cara pemberian,kusus indukan perharinya pakan berupa biji bisa kita berikan antara 200 sampai 350 gram per ekor induk.jika kondisi sedang hamil dan menyusui anak,maka pemberian pakan biji bisa kita tambahan menjadi 350-500 gram perhari untuk memperlancar air susu.

Pakan berupa pelet juga banyak di perjual belikan,jika ada modal,malah akan lebih bagus,jika kelinci sesekali di berikan pakan jenis pelet ini.selain lebih praktis dan tidak mengotori kandang,pakan pelet juga memiliki kandungan gizi,protein yang lebih lengkap dan terjamin.

Jangan lupa untuk selalu memberikan air minum di dalam beternak kelinci.Wadah air minum yang kita berikan bisa dari bahan botol air mineral yang kita gantungkan di dalam kandang.manfaat dari mineral adalah mampu membantu pencernaan dan menyeimbangkan kandungan elektrolit dalam tubuh kelinci.

Pengendalian Hama dan penyakit kelincipenyakit kelinci

Yang terahir adalah pengendalian hama serta penyakit yang sewaktu-waktu bisa menyerang kelinci.penyakit adalah salah satu faktor terbesar penyebab kematian kelinci dan salah satu penyebab sebuah penyakit menyerang kelinci adalah faktor dari lingkungan yang kurang bersih.

Supaya kelinci mampu tumbuh dengan sehat,perhatikan beberapa aspek mulai dari kebersihan kandang dan lingkungan sekitar kandang.selain itu,penyebab lain karena faktor suhu,cuaca,udara,tingkat kebisingan dan pakan yang kita berikan.

Jika hal tersebut kurang anda perhatikan,mungkin dalam beternak kelinci yang anda jalani kurang memuaskan,intinya kelinci akan cepat terserang penyakit dan penyakit pada kelinci biasa mudah sekali menular.jika salah dalam penanganan bisa di pastikan jika semua kelinci anda akan habis.maka dari itu pencegahan lebih mudah dari pada pengobatan..

Baca Juga: Cara Mudah Budidaya kelinci Hias Dan Pedaging

Demikian sedikit penjelasan Cara Beternak Kelinci Pedaging Rumahan yang bisa anda terapkan bagia anda yang selama ini masih mengalami kebinggungan untuk melakukan beternak kelinci ini.semoga berguna dan bermanfaat…salam.

Advertisement
Cara Beternak Kelinci Pedaging Rumahan | admin | 4.5