Cara Memelihara Kelinci Pedaging Cepat Besar

Cara Memelihara Kelinci Pedaging Cepat Besar – Banyak orang belum mengetahui cara pasti memelihara kelinci dengan benar,Sebenarnya kelinci adalah hewan peliharaan yang paling mudah untuk kita peliharaan,baik untuk kelinci hias,pedaging dan kelinci potong asalkan kita sudah mengetahui teknik serta karakter sifat kelinci tersebut..

Hal pertama yang harus anda ketahui adalah sifat karakter kelinci sebelum memelihara atau membudidayakan.sebab dengan pengetahuan tersebut,kita nantinya akan lebih mudah untuk menentukan jenis perawatan,pakan serta pengobatan tertentu dengan sangat mudah.Cara Memelihara Kelinci Pedaging Cepat Besar

Advertisement

Cara Memelihara Kelinci Pedaging Cepat Besar

Selain itu,faktor lain yang mungkin juga anda ketahui adalah pakan serta memilih induk berkualitas jika ingin beternak kelinci cepat sukses.induk kelinci bagus Juga akan menghasilkan anakan yang bagus,begitu juga sebaliknya..

Maka saran saya,sebelum memelihara jenis kelinci apa saja,ketahui terlebih dahulu karakter dan gaya hidup kelinci supaya anda lebih di permudah ketika sedang mengalami permasalahan yang membingungkan.Beberapa sifat karakter kelinci yang perlu anda ketahui adalah sebagai berikut.

Mudah untuk Dijinakan.

Kelinci merupakan hewan yang sangat mudah bersahabat dengan siapa saja,termasuk kita manusia.selain untuk hobi,ternyata memelihara kelinci juga untuk di jadikan lahan bisnis yang cukup menguntungkan..

Sifat yang mudah jinak inilah mempermudah kita untuk memelihara dan untuk di budidaya.namun perlu di ketahui,hewan apa saja yang nyawanya merasa terancam akan mengigit apa saja yang mencoba mengganggunya..

Kelinci lebih Aktif Pada malam hari

Memang kusus untuk kelinci pedaging,ia akan lebih aktif bergerak dan makan di malam hari,untuk siang hari,biasanya di gunakan kelinci untuk tidur dan bersembunyi di dalam lubang.Karakter kehidupan kelinci liar dan kelinci budidaya sama,ia akan lebih aktif dalam melakukan apa saja di malam hari..

Kelinci menyukai tempat Sejuk

Nah,faktor kandang serta lokasi juga wajib di perhitungkan.selain akan membuat kelinci nyaman juga mampu membuat pertumbuhan besar dengan cepat.hal terbukti karena kelinci lebih terasa nyaman dalam melakukan segala aktifitas.

Baca Juga: Tips Sukses Ternak Kelinci Potong Dan Pedaging

Advertisement

tempat sejuk dan kering merupakan salah satu lokasi paling di gemari oleh kelinci jenis apa saja,baik pedaging,potong dan kelinci hias.jadi jika anda sedang memelihara kelinci,letakkan di lokasi sejuk dan kering yang mana lokasi tersebut memang menjadi habitat utama di alam liar..

Perhatikan Pakan Yang kita berikan.

Nah,pakan inilah yang akan mempengaruhi kelinci memiliki pertumbuhan dengan cepat.Untuk mendapatkan kelinci dengan pertumbuhan cepat,sehat,maka berikan pakan hijauan yang masih segar dan higinies..

pakan yang bisa anda berikan misal rumput segar,sayuran,limbah pertanian yang masih segar.Nah,kusus untuk pakan berupa tumbuhan,akan lebih bagus jika kita berikan dalam kondisi layu atau kita angin-anginkan untuk menghilangkan kadar air dan getah pada tumbuhan tersebut..

Namun perlu di ingat,kondisi tumbuhan harus dalam tetapi hijau dan masih segar,bisa di angin-anginkan berkisar 3-5 jam baru kita berikan kepada kelinci.hal merupakan cara paling terbaik untuk menghindari hal negatif pada kelinci,misal keracunan getah,zat beracun kususnya pada daun singkong.

Selain itu,jika pakan kebanyakan kadar air juga akan membuat kelinci sering mengalami kembung.maka dari itu pakan berupa tumbuhan atau sayuran seperti kangkung,daun singkong perlu kita angin-anginkan terlebih dahulu 3-5 jam sebelum kita berikan.

Pakan konsentrat Untuk kelinci

Selain pakan berupa rumput dan sayuran,kita juga bisa membuat pakan berupa konsentrat pada kelinci ternak dan kelinci hias.Bisanya untuk kelinci peliharaan harian,pakan berupa konsentrat hanya di gunakan sebagai pakan tambahan atau pakan pelengkap gizi lain.

Beberapa jenis bahan yang bisa untuk kita buat sebagai pakan konsentrat kelinci adalah bekatul,bungkil kelapa,bungkil kacang tanah,ampas tahu,ampas topioka,gaplek.bahan di atas bisa kita kombinasikan untuk di racik menjadi pakan tambahan kelinci berkualitas.

Untuk membuat pakan berupa konsentrat beserta dosis dan kombinasi bahan apa saja,mungkin akan saya bahas di artikel selanjutnya.pakan konsentrat sebagai pakan tambahan jika pakan berupa rumput dan sayur sangat sulit untuk di cari,misal saat waktu musim tertentu yang menyebabkan rumput dan sayuran sulit hidup,misal saat musim kemarau.

Baca Juga : Lokasi Terbaik Membuat Kandang Kelinci Pedaging

Mungkin hanya ini saja tulisan tentang¬†Cara Memelihara Kelinci Pedaging Cepat Besar supaya bisa bermanfaat dan bisa untuk di jadikan rujukan jika anda selama ini kesulitan dalam memelihara kelinci hias dan pedaging…salam..

Advertisement
Cara Memelihara Kelinci Pedaging Cepat Besar | admin | 4.5