Cara Merawat Bayi Kelinci Cepat besar

Cara Merawat Bayi Kelinci Cepat besar – Setelah induk kelinci mengalami kehamilan yang bisa memakan waktu berkisar 28 sampai 30 hari,biasanya sang induk akan segera melahirkan bayi anak kelinci tersebut.dan dalam satu induk mampu melahirkan 4-13 ekor semua tergantung dari tingkat reproduksi dan jenis induk kelinci tersebut..

Saat induk kelinci melahirkan akan bayi kelinci,tata cara perawatan akan lebih mudah,sebab ia tidak membutuhkan perawatan kusus jika kita bandingkan pada kambing,sapi dan jenis hewan lainnya,hampir bisa di pastikan,jika induk kelinci melahirkan sang bayi di waktu malam hari.hal ini sudah bisa untuk kita jadikan sebuah patokan.Untuk kelahiran bayi kelinci hampir bisa di katakan jika sangat jarang..Cara Merawat Bayi Kelinci Cepat besar

Sebelum sang jabang bayi kelinci di lahirkan,ada beberapa tanda yang bisa kita lihat dari sang induk yang meliputi.6 hari sebelum anakan di lahirkan,induk kelinci akan mencabuti dan di tempatkan pada sebuah wadah bisa boks yang telah kita siapkan sebelumnya.hal ini bertujuan,supaya anak kelinci saat di lahirkan nanti tidak akan mengalami kedinginan karena bulu sang induk bisa untuk menyelimuti bayi kelinci…

Advertisement

Selain itu,sang induk akan lebih dominan mencabut bulu di bagian bawah badan yang memiliki tujuan supaya sang jabang bayi kelinci nantinya jika tahap menyusui tidak akan kesulitan untuk menemukan lubang susu dari sang induk..memang semua seperti sudah di atur oleh tuhan..

Cara Merawat Bayi Kelinci Cepat besar

Tahap selanjutnya,jika sang bayi kelinci sudah di lahirkan memiliki warna merah yang tidak memiliki bulu sama sekali,semua bagian penting,seperti mata,telinga dan organ lain juga belum bisa untuk di gunakan dan ini akan sampai beberapa hari kedepan paling tidak 2-5 hari baru bulu halus kelinci akan mulai tumbuh dan akan sang induk siap untuk menyusui anaknya..

Baca Juga: 8 Jenis Kelinci Hias Bagus Untuk Peliharaan

Seperti anak bayi hewan pada umumnya,jika anak kelinci juga membutuhkan asupan gizi yang cukup tinggi bisa di peroleh dari susu sang induk.anak bayi sampai memiliki umur 20 hari,belum bisa kita berikan makanan apapun kecuali hanya air susu induk..

Advertisement

Nah,setelah mencapai usia ke 20 hari,makanan lain sudah bisa kita berikan seperti dedaunan dan jenis pakan lain yang terlebih dahulu kita haluskan atau tumbuk supaya anak kelinci lebih mudah untuk mencerna..

jika kita melihat di peternak,jika anak bayi kelinci hanya mau memakan makanan lain selain susus apabila sang induk menyiapkan makanan untuk anak-anaknya,bisa dedaunan,buah,sayuran,pelet dll.intinya sang induk akan memilih yang terbaik untuk di berikan pada anak,dan kita hanya berkewajiban menyiapkan saja..

Usia bayi kelinci Bisa Disapih.

Nah,mungkin cara penyapihan anak kelinci atau memisahkan anak kelinci dari induk masih belum banyak yang mengetahui,jika nada mampir ke blog ini sengaja mencari informasi tersebut,maka pas dan berada di blog yang benar.

Waktu terbaik untuk menyapih anak kelinci ketika telah memiliki usia ke 40 hari.sebab di hari ke 42-45 air susu sang induk sudah tidak kan keluar lagi,jika keluar,jumlahnya juga tidak akan mencukupi kebutuhan sang anak,apalagi jika anak yang di rawat sangat banyak,akan lebuh bagus,jika kita lakukan pemisahan untuk di tempatkan di kandang sendiri..

Di usia ini,anak kelinci juga sudah sangat lihai untuk mencari makanan sendiri,jadi jika kita lepaskan dalam kandang dan kita berikan makanan,ia sudah mampu untuk hidup mandiri.dengan di lakukan pemisahan ini,sang induk betina sudah saatnya untuk kita mandikan dan tahap selanjutnya kita kawinkan kembali,,cara inilah yang kebanyakan di lakukan oleh para peternak kelinci..

Selalu menjaga kesehatan bayi kelinci.

Anakan kelinci yang baru memiliki umur 2 bulan kebawah bisa di katakan jika masih dalam kondisi lemah,baik tulang,stamina,tenaga dan kekuatan tidak seperti kelinci dewasa.dan yang paling parah lagi,di usia ini,anakan kelinci juga rentan terhadap serangan berbagai macam penyakit..

Jika kita tidak pandai dan kurang akan pengetahuan mengenai ternak kelinci ini,mungkin jika anak 10 yang di pelihara,akan tersisa 1-2 ekor saja,dan yang lain bisa mengalami kematian.Yang paling penting perhatikan lokasi kandang sekitar,keamanan dari serangan predator lain,misal ular,kucing,anjing dll yang sewaktu-waktu bisa memakan anak kelinci tersebut..

Baca Juga:Cara Mudah Budidaya Kelinci Anggora

Mungkin hanya ini saja yang bisa saya sampaikan tentang¬†Cara Merawat Bayi Kelinci Cepat besar semoga bisa berguna dan bermanfaat bagi anda yang selama ini kesulitan untuk merawat anak bayi kelinci…salam..

Advertisement
Cara Merawat Bayi Kelinci Cepat besar | admin | 4.5