Cara Mudah Budidaya Kelinci Anggora

Cara Mudah Budidaya Kelinci Anggora – Kelinci jenis anggora adalah salah satu jenis kelinci yang paling terkenal dan bisa di katakan jika kelinci ini sudah banyak orang yang mengetahui.Ciri khas kelinci anggora adalah pada bulu yang tebal,indah,tebal dan sangat panjang,sangat tepat jika di jadikan kelinci hias unggulan..

Selain itu,harga kelinci anggora di pasaran juga tergolong sangat mahal.untuk per satu pasang kelinci anggora di harga 100-500 ribu rupiah,Harga yang di tawarkan juga di tentukan dari jenis serta kualitas kelinci tersebut,semakin indah dan unik bulu pada kelinci anggora,maka harga jual juga semakin tinggi.begitu juga sebaliknya..

Advertisement

Nah,untuk tata cara budidaya atau ternak kelinci anggora juga tergolong tidak terlalu sulit jika kita sudah menguasai ilmu serta caranya,akan tetapi,bagi anda sebagai pemula yang ingin terjun sebagai budidaya kelinci,mungkin di perlukan beberapa pengetahuan dasar  supaya budidaya yang anda jalani bisa sesuai harapan,yaitu mampu beranak pinak dengan cepat dan terhindar dari segala serangan jenis penyakit..

Binatang kelinci tergolong binatang sangat sensitif,hanya dengan kaget dan trauma saja,bisa menyebabkan kelinci mati.apalagi jika kita salah dalam tata cara penanganan serta jenis pakan yang kita berikan,mungkin untuk anda sebagai pemula akan merasa kesulitan jika belum mengetahui seluk-beluk dalam budidaya kelinci jenis anggora yang konon berasal dari inggris ini dan juga banyak orang mengatakan berasal dari jerman.

Entah mana yang benar asal-usul kelinci anggora tidak terlalu penting,yang terpenting di sini bagaimana cara benar untuk budidaya kelinci anggora supaya dapat di hasilkan anakan yang lebih berkualitas unggulan untuk di jadikan bisnis yang cukup berprospek ini..

Cara Mudah Budidaya Kelinci Anggora

Hal pertama yang pertama yang harus anda lakukan sebelum budidaya ternak kelinci anggora adalah pemilihan bibit unggul,sehat dan tanpa cacat untuk di jadikan indukan.sebab indukan kelinci anggora juga akan ikut menentukan kualitas anakan yang di hasilkan.semakin bagus induk yang di gunakan,maka hasil akhir yang di dapat juga akan sepadan dengan sang induk.begitu juga sebaliknya..Cara Mudah Budidaya Kelinci Anggora

Kelinci yang sehat memiliki ciri dan tanda yang bisa kita lihat dari bentuk badan serta ciri fisiknya.selain itu,kelinci anggora sehat juga akan lebuh tahan terhadap segala serangan penyakit yang kapan saja bisa menyerang sang kelinci.

Baca Juga: Cara Beternak Kelinci Pedaging Rumahan

Pilihlah induk yang juga memiliki tingkat produktif tinggi.jika ingin membeli induk kelinci anggora,maka akan lebih bagus jika anda langsung mendatangi peternak kelinci yang ada di daerah lokasi anda tinggal.selain lebih terjamin,kita juga akan mengerti asal-usul sang induk dan bisa langsung menanyakan pada pemilik peternakan..Kelinci yang sehat bisa kita lihat dari ciri-ciri sebagai berikut.

Ciri Mata,Hidung Dan mulut.

Kelinci sehat bisa kita lihat dari bentuk mata,hidung dan mulut jika kita lihat mata kelinci tersebut tampak bersinar cerah dan pada bagian selaput mata bersih tidak ada kotoran yang tersangkut.jangan pilih kelinci anggora yang memiliki mata lengket,berair dan basah itu menandakan jika kelinci dalam keadaan sakit.

Selain mata,hidung dan mulut kelinci sehat di tandai dengan bersih,kering.jangan pilih induk kelinci yang kotor dan berair bisa kemungkinan jika kelinci dalam keadaan sakit bisa saka sedang flu atau pilek dan jenis penyakit kulit yang biasa menyerang pada bagian hidung kelinci anggora.

Bagian Punggung,Kaki Dan Ekor.

Kelinci sehat di tandai dengan bagian punggung tanpa berisi dan tidak terlalu lurus,jika kita raba maka tanpa kenyal dan enak untuk di pegang serta tulang di bagian punggung kelinci juga tidak terasa saat kita raba.

Baca Juga: 7 Jenis Makanan Kelinci Paling Sehat

Selain punggung,ciri kelinci anggora sehat di tandai dengan bentuk kaki berisi,todak terlalu kurus,memiliki daging lebih gempal,padat dan sedikit tulang.pastikan juga kaki kelinci tersebut lurus dan tidak dalam keadaan bengkok.

Kelinci sehat di tandai dengan ekor mengarah tegap ke atas,lurus serta sedikit merapat ke bagian punggung.Selain ciri di atas,maka lihat juga di bagian dubur kelinci tersebut.pastikan bersih tidak ada bekas kotoran yang menempel di daerah dubur.jika dubur kotor dan banyak tersisa kotoran yang menempel,bisa saja kelinci tersebut dalam keadaan sakit,bisa mencret,diare dll.

Kandang Untuk Budaya kelinci anggora

Kelinci jenis anggora lebih menyukai lokasi atau tempat yang dingin dan kering.maka untuk memulai budidaya ternak kelinci anggora,pemilihan tempat sesuai habitat kelinci di alam liar harus kita tarapkan.hal ini supaya kelinci mampu berkembang biak secara cepat dan terjauh dari serangan berbagai jenis penyakit.Cara Mudah Budidaya Kelinci Anggora

Advertisement

Perhatikan juga jika saat musim hujan dan hembusan angin malam,untuk malam hari,sebaiknya kandang kelinci kita tutup dengan menggunakan terpal untuk menghindari hembusan angin menusuk ke dalam kandang kelinci.apalagi jika saat musim hujan tiba,perawatan dan penanganan mungkin akan lebih kusus untuk kita lakukan,seperti pemberian vitamin untuk menjaga kekebalan kelinci dari berbagai serangan penyakit.

Lokasi kandang kelinci juga harus aman,tenang dan jauh dari keramaian,perlu anda ketahui,jika kelinci anggora sangat sensitif dan mudah stres apabila mendengar suara bising,kaget dan adanya hewan lain yang mencoba untuk memangsanya.jika hal ini terjadi,kelinci akan mengalami stres yang di lanjutkan dengan nafsu makan menurun.hal inilah yang sering menyebabkan kematian pada kelinci anggora.

Baca Juga: Merawat Anak Kelinci Umur 1-2-3 Bulan

Untuk bentuk dan luas kandang yang akan anda gunakan budidaya kelinci anggora,bisa di sesuaikan dengan lokasi dan tempat.yang mungkin perlu di perhatikan adalah ukuran untuk satu ekor kelinci bisa anda buat 60 Cm saja sudah sangat lebar dan sesuai standar untuk indukan dan anakan kelinci per satu ekornya.

Untuk bentuk kandang silahkan di buat sesuai keinginan,bisa berbentuk kandang ren,umbaran dan kandang,postal serta kandang bertingkat yang mana akan lebih banyak untuk menampung kelinci jika nantinya kelinci sudah mampu beranak pinak.

Pakan untuk kelinci Anggora.

Untuk pakan sendiri,juga harus kita sesuaikan dengan habitat alam kelinci anggora ini.untuk di indonesia,pakan utama bisa dari rumput segar dan jenis sayuran.Namun bisa juga di berikan pakan tambahan lain,misal konsentrat,pakan pelet jika da lebih modal dan pakan dari biji-bijian kusus untuk indukan yang akan sedang hamil dan masa menyusui.

Makanan berupa biji mampu membuat air susu kelinci keluar sangat deras,dan pakan jenis harus anda berikan saat indukan sedang hamil sampai anak kelinci siap untuk kita sapih.pakan tambahan lain bisa berupa pelet yang banyak di jual di toko unggas yang mana jenis pakan ini lebih memiliki banyak kandungan gizi lengkap yang tidak di temui pada jenis pakan lainnya.bisa kita berikan hanya sebagai pakan tambahan saja,misal 3-5 hari sekali.Cara Mudah Budidaya Kelinci Anggora

Dalam tata cara pemberian pakan berupa sayuran dan rumput,sebaiknya sebelum pakan tersebut kita berikan pada kelinci,angin-anginkan terlebih dahulu 3-5 jam untuk membuang kadar air dan getah yang terdapat pada pakan jenis sayuran dan rumput.Hal ini wajib untuk kita lakukan setiap memberi pakan kelinci.

Baca Juga: Cara Menghitung Masa Kehamilan kelinci

Apalagi jika pakan yang anda berikan dari jenis kangkung dan daun singkong yang mana kedua tanaman sayuran tersebut lebih banyak mengandung air yang bisa membuat perut kelinci kembung.untuk pakan daun singkong juga banyak terdapat zat berbahaya,berikan saat daun tersebut sudah layu untuk menghindari berbagai zat berbahaya masuk ke dalam perut kelinci..

Pengendalian Hama Dan Penyakit

Penyakit yang menyerang pada kelinci anggora lebih banyak di sebabkan akibat lingkungan kandang sekitar yang kurang terjaga kebersihanya dan dari cuca,Inilah salah satu faktor yang paling penting dan patut di perhatikan jika sedang menekuni budidaya jenis kelinci apa saja termasuk anggora.Cara Mudah Budidaya Kelinci Anggora

Akan lebih agus jika kita melakukan pencegahan dari pada mengobati kelinci sakit.selain sulit untuk di sembuhkan,sakit pada kelinci juga akan membutuhkan waktu cukup lama untuk kita sembuhkan.beberapa jenis serta ciri penyakit berikut yang kerap menyerang kelinci jenis apa saja termasuk anggora.

Lesu.

Kelinci anggora yang sehat akan memiliki gerakan gesit dan lincah,jika di temukan kelinci lesu,bisa saja kelinci tersebut sedang tidak enak badan atau gejala sakit akan segara menyerang.dan kelinci akan lebih banyak tidur jika kita bandingkan dengan aktifitas lain.maka waspadai hal ini jika terjadi pada kelinci anda di rumah.

Nafsu makan menurun.

Binatang kelinci yang sehat akan rakus jika kita berikan makan,sebab di habitat liat kelinci tergolong suka makanan apa saja.nah jika kita lihat tiba-tiba nasfu makan kelinci menurun dengan drastis,mungkin kelinci juga mengalami sakit.

lakukan pemeriksaan terhadap segala badan kelinci,siapa tahu di temukan luka kecil yang membuat nafsu makan kelinci menurun.bisa saja di sebabkan akibat gesekan atau benturan dinding kandang yang membuat kelinci luka dalam.

Mata kelinci sayu.

Kelinci sehat bisanya memiliki mata bersih dan bersinar cerah,apabila di temukan kelinci anda memiliki mata sayu,berair dan lengket,maka bisa di pastikan jika kelinci sedang mengalami suatu penyakit dan langsung saja segera lakukan pengobatan yang mana akan saya bahas di artikel selanjutnya untuk tata cara penyembuhan segala macam penyakit kelinci serta penyembuhannya.

Baca Juga: 8 Jenis Kelinci Hias Bagus Untuk Peliharaan

Mungkin hanya ini saja yang bisa saya tuliskan mengenai Cara Mudah Budidaya Kelinci Anggora yang siapa tahu saja anda mampir ke sini mencari artikel dan panduan ini.semoga bisa untuk menjawab rasa penasaran anda dan semoga berguna…salam..

Advertisement
Cara Mudah Budidaya Kelinci Anggora | admin | 4.5