Cara Mudah Budidaya kelinci Hias Dan Pedaging

Cara Mudah Budidaya kelinci Hias Dan Pedaging – Dalam Melakukan budidaya kelinci baik itu kelinci hias maupun kelinci pedaging,perhatikan beberapa hal yang akan membuat budidaya anda akan lebih maju untuk menghasilkan kelinci hias dan pedaging dengan kualitas unggulan..

Semakin bagus dan berkualitas ternak yang anda lakukan,mungkin juga akan mempengaruhi keuntungan yang akan anda dapatkan.Dalam tulisan kali ini akan saya bagi menjadi beberapa kategori Untuk mempermudah anda memahaminya.

Advertisement

Langkah pertama untuk memelihara kelinci adalah memilih lokasi dan kandang yang tepat.sebab pemilihan lokasi kurang tepat,akan membuat budidaya kelinci anda kurang optimal,baik dari segi pertumbuhan,hama serta penyakit kelinci yang kapan saja bisa menyerang..Cara Mudah Budidaya kelinci Hias Dan Pedaging

Cara Mudah Budidaya kelinci Hias Dan Pedaging

Hal pertama yang akan saya bahan adalah mengenai Cara budidaya kelinci pedaging.Untuk saat ini,prospek bisnis jual beli kelinci pedaging memang sangat menguntungkan jika kita melihat saingan di pasaran belum terlalu banyak dan harga daging kelinci juga tergolong mahal.maka untuk melakukan budidaya kelinci,ffaktor pertama yang harus anda perhatikan adalah.

Lokasi penempatan kandang.

Jenis kelinci apa saja sangat menyukai lokasi tempat sejuk namun kering.baik untuk kelinci budidaya dan kelinci liar,memang habitatnya di daerah lokasi sejuk yang mana lebih tersedia banyak pakan alami di daerah tersebut..

Selain itu,lokasi kandang juga aman dari segala mara bahaya seperti binatang liar yang kapan saja bisa memangsa kelinci.ingat hewan kelinci sangat sensitif,jadi jika ia kaget dan ada bahaya akan menyerang,kelinci akan lebih mudah stres dan akhirnya nafsu makan akan menurun.hal inilah yang sering menyebabkan kelinci mengalami kematian secara mendadak.

Pakan untuk kelinci pedaging.

Selain faktor pemilihan lokasi,pakan juga akan menentukan kesuksesan budidaya kelinci yang sedang anda rintis.berikan pakan yang banyak kandungan karbohidrat sedikit mineral.pakan terbaik untuk kelinci pedaging adalah rumput,sayuran hijau dan beberapa pakan tambahan seperti biji-bijian serta pakan konsentrat..

Baca Juga: Tips Sukses Ternak Kelinci Potong Dan Pedaging

Tidak semua jenis pakan di sukai kelinci,ia akan lebih suka memilih mana pakan yang memang di sukainya.pakan terbaik adalah pakan segar merupakan faktor penting yang harus kita berikan setiap hari.Kusus untuk pakan tumbuhan sayuran,seperti daun singkong,kangkung..

sebelum kita berikan pada kelinci,pakan tersebut harus kita angin-anginkan terlebih dahulu.hal ini untuk mengurangi kadar air dan getah yang bisa membuat kelinci keracunan.Selain itu,pakan yang telah di angin-anginkan akan menghilangkan zat beracun yang mungkin saja terkandung dalam tumbuhan tersebut,sebagai contoh,misal daun singkong..

Advertisement

Perawatan Harian Untuk kelinci pedaging.

Perawatan pertama adalah selalu menjaga kebersihan kandang.kandang bersih akan membuat kelinci budidaya tersebut sehat.memang tidak ada perawatan kusus yang harus kita berikan,ya intinya selalu menjaga kebersihan kandang dan lokasi sekitar kandang untuk mencegah hama penyakit datang..

Baca juga: Lokasi Terbaik Membuat Kandang Kelinci Pedaging

Selain itu,perhatikan pakan harian serta pemberian vitamin untuk menjaga daya tahan tubuh supaya kelinci lebih bugar,kebal terhadap serangan penyakit kususnya pada serta musim hujan.Vitamin wajib untuk kita berikan 3-5 hari sekali.

Cara Budidaya kelinci Hias.

Nah,untuk kelinci hias sendiri,untuk pakan,penempatan kandang sama seperti yang telah saya jelaskan di atas.perbedaanya hanya terdapat pada perawatan saja,jika kelinci pedaging kita lebih mengandalkan daging,dan untuk kelinci hias,kita wajib memperhatikan keindahan bulu supaya kelinci kelihatan tetap indah..

Yang pertama harus anda lakukan adalah menjaga kebersihan kandang kelinci hias tersebut supaya bulu kelinci tidak mudah kotor.sapu dan pel setiap hari kandang kelinci,selain bersih,cara ini juga akan membuat kelinci lebih sehat dan jarang terkena penyakit.

Cara yang kedua adalah menyisir dan memandikan kelinci setiap hari.pemandian kelinci sebaiknya di lakukan pada siang hari.sampo dan gosok bulu kelinci sesuai alur bulu,jangan pernah melawan arah,hal ini bisa menyebabkan bulu rusak dan rontok.setelah siap di mandikan,jemur hingga bulu kering,.

Jika anda di rumah memiliki alat seperti Blow-up,maka bisa menggunakan alat ini untuk mengeringkan dan merapikan bulu kelinci setelah siap kita mandikan.jika tidak ada,cukup di jemur sampai bulu kering dan lakukan penyisiran sasuai arah bulu.Ingat jangan melawan arah bulu kelinci..

Cara yang ketiga adalah jangan terlalu banyak menjemur kelinci di tempat panas,hal ini akan merusak bulu kelinci dan bulu akan lebih mudah rontok.selain itu,jangan juga meletakkan kelinci di daerah lokasi lembab dan basah.usahakan kandang selalu kekring dan teduh supaya bulu kelinci mampu terjaga dengan sempurna.

Yang keempat adalah pakan yang kita berikan setiap hari juga harus banyak kandungan Vitamin E yang banyak terdapat pada jenis pakan sayuran,pelet dan pakan jenis rabit yang bisa anda beli di toko kusus pakan unggas.Pakan jenis ini juga akan menjaga bulu kelinci lebih mengkilat dan kelihatan bugar,segar serta kelinci lebih aktif untuk bergerak.

Baca juga: Cara Memelihara Kelinci Pedaging Cepat Besar

Mungkin hanya ini yang bisa saya sampaikan tentang Cara Mudah Budidaya kelinci Hias Dan Pedaging yang mungkin saja bisa berguna bagi anda pemula yang kan mencoba budidaya kelinci baik hias maupun jenis kelinci pedaging.semoga berguna…salam..

Advertisement
Cara Mudah Budidaya kelinci Hias Dan Pedaging | admin | 4.5