Cara Pemijahan Induk lele Sangkuriang Kualitas Budidaya

Cara Pemijahan Induk lele Sangkuriang Kualitas Budidaya – Dalam hal melakukan budidaya lele sangkuriang, tentunya ada beberapa hal yang harus kita ketahui. Salah satunya ialah mengetahui tentang ciri-ciri indukan lele sangkuriang yang siap untuk di pijahkan.

Seperti yang telah kita ketahui bahwa tidak sembarangan jenis indukan lele sangkuriang yang siap untuk di pijahkan.

Advertisement

Untuk jenis indukan lele sangkuriang yang dapat di pijah tersebut yaitu tidak cacat alias dalam keadaan sehat. Selain itu perkembangan dari indukan lele tersebut pun harus dalam keadaan baik. Bukan hanya itu saja, indukan lele yang akan di pijah ini harus mencapai umur yang telah di tentukan sebelumnya.

Jika indukan lele tersebut belum siap untuk di pijah, sebaiknya di paksakan terlebih dahulu. Karena takutnya itu akan mengganggu kesehatan dari indukan lele tersebut, sehingga dapat mengakibatkan stres pada indukan lele sangkuriang tersebut.

Biasanya indukan betina yang siap untuk di pijah tersebut memiliki ciri-ciri seperti perutnya yang membesar dan jika di pegang terasa lembek. Selain itu lubang kelamin dari sangkuriang tersebut terlihat lebih besar dan berbentuk membulat.Cara Pemijahan Induk lele Sangkuriang Kualitas Budidaya

Cara Pemijahan Induk lele Sangkuriang Kualitas Budidaya

Dalam melakukan proses pemijahan pada lele sangkuriang ini biasanya di lakukan dengan cara yang alami. Cara alami ini merupakan cara alternatif yang sangat aman bagi pertumbuhan lele sangkuriang atau pun bagi para pengkonsumsinya.Tulisan terkait 6 Usaha Rumahan Dari Ikan Lele Sangkuriang

Selain dari pada itu, pemijahan lele sangkuriang dengan cara yang alami ini tentunya akan menghemat biaya pengeluaran kita. Bukan hanya itu saja, pemijahan indukan lele sangkuriang secara alami ini akan dapat menghasilkan benih-benih lele sangkuriang yang berkualitas unggulan pula.

Selain itu, ciri-ciri yang di tunjukkan dari lele sangkuriang jantan ialah kelamin dari induk sangkuriang jantan tersebut berwarna merah jambu dan alat kelamin nya terlihat jelas lebih panjang.

Teknik Pemijahan Induk lele sangkuriang

Seperti yang telah kita ketahui, bahwa pemijahan lele sangkuriang ini harus di lakukan dengan cara yang alami tanpa adanya campuran bahan kimia di dalamnya. Biasanya benih yang di dapatkan dari pemijahan alami ini terlihat lebih baik dan lebih unggul dan juga lebih tahan terhadap serangan berbagai macam penyakit maupun hama.

Bukan hanya itu saja, pemijahan yang di lakukan secara alami ini juga dapat menghemat pengeluaran kita. Maka dari itu lah para petani lele sangkuriang ini lebih memilih melakukan pemijahan dengan menggunakan cara alami. Selain lele sangkuriang yang sehat, kita juga lebih banyak mendapatkan keuntungan.Simak Juga Perbedaan Lele Dumbo Dan Lele Sangkuriang

Jika kita melakukan pemijahan pada induk lele sangkuriang secara buatan, maka sudah pasti pemijahan buatan tersebut akan menghasilkan sesuatu yang tidak baik. Mengeluarkan telur dari induk betina dengan menggunakan obat-obatan kimia, itu juga akan merusak kualitas dari lele sangkuriang tersebut.Cara Pemijahan Induk lele Sangkuriang Kualitas Budidaya

Pada saat pemijahan alami tersebut di lakukan, pastinya hanya telur-telur yang benar-benar matang yang dapat keluar dari induk betina tersebut.

Tetapi tidak semua indukan lele sangkuriang yang berada di dalam kolam yang dapat di pijah, hanya beberapa indukan lele sangkuriang yang dapat di pijah dengan menggunakan cara yang alami tanpa buatan tangan manusia dan obat-obatan kimia.

Advertisement

Biasanya indukan lele sangkuriang yang dapat di pijah tersebut harus memiliki bobot sekitar 2 kg/ ekornya. Bukan hanya itu saja, umur indukan lele sangkuriang tersebut harus sudah memasuki sekitar 1,5 tahun. Biasanya jenis lele sangkuriang yang muda lah yang bagus untuk di jadikan sebagai pemijahan.

Bahan Dan persiapan sebelum pemijahan induk lele sangkuriang

Sebelum kita memulai proses pemijahan indukan lele sangkuriang, ada beberapa hal yang harus di persiapkan dengan baik terlebih dahulu. Jika anda ingin mengetahuinya lebih lanjut, anda bisa langsung melihatnya di bawah ini :

Persiapan kolam untuk pemijahan lele sangkuriang

Dalam melakukan proses pemijahan, yang pertama kali yang harus di persiapkan ialah kolam pemijahan. Untuk kolam pemijahan yang harus di persiapkan ini biasanya memiliki ukuran 6 x 2 meter, dengan ketinggian sekitar 2 meter.Cara Pemijahan Induk lele Sangkuriang Kualitas Budidaya

Untuk ketebalan dari kolam untuk pemijahan tersebut biasanya berkisar sekitar 45 cm. Biasanya untuk kolam pemijahan ini terbuat dari terpal yang tebal, sebelum membuat kolam pemijahan tersebut pastikan terpal yang akan di buat tersebut tidak koyak atau sobek.Tulisan terkait Ciri Fisik Lele Sangkuriang Kualitas Unggul Budidaya

Biasanya di dalam kolam pemijahan tersebut terdapat kakaban. Kakaban ini berfungsi untuk menempelkan telur-telur lele sangkuriang tersebut. Telur-telur lele sangkuriang yang telah keluar tersebut akan tersusun rapi dengan sendirinya di dalam kakaban tersebut, sehingga memudahkan para petani untuk mengambilnya.

Untuk kakaban ini biasanya memiliki ukuran sekitar 2 meter dengan kelebaran hingga 85 cm. Usahakan kakaban yang akan di gunakan tersebut dalam keadaan yang bersih dan steril. Jadi sebelum kakaban di gunakan, yang harus kita lakukan terlebih dahulu ialah membersihkan kakaban tersebut hingga bersih.

Waktu Pelaksanaan pemijahan lele sangkuriang.

Dalam melakukan proses pemijahan indukan lele sangkuriang ini biasanya yang pertama kali di lakukan ialah membersihkan kolam tempat pemijahan tersebut terlebih dahulu. Selain itu, sebelum kita melaksanakan proses pemijahan usahakan air yang ada di dalam kolam tersebut harus di ganti terlebih dahulu.Cara Pemijahan Induk lele Sangkuriang Kualitas Budidaya

Setelah kakaban tersusun dengan rapi dengan cara di rapatkan dan di kunci dengan paku, maka hal yang selanjutnya yang dapat di lakukan ialah melakukan pengisian air pada kolam lele sangkuriang tersebut. Pengisian air untuk kolam lele sangkuriang tersebut biasanya menggunakan air yang bersih seperti air hujan.

Jika semua sudah di lakukan dengan baik dan benar, maka selanjutnya kita bisa langsung memasukkan indukan lele sangkuriang ke dalam kolam yang telah di persiapkan tadi. Jika ingin memasukkan indukan lele sangkuriang, sebaiknya di lakukan secara hati-hati.

Usahakan ketika ingin memasukkan indukan lele sangkuriang, sebaiknya di lakukan satu-persatu alias tidak boleh sekaligus.

Jika kita memasukkan indukan lele ini secara satu-persatu, maka itu akan membuat lele sangkuriang lebih tenang ketika di pindahkan di lokasi yang baru.demikian Cara Pemijahan Induk lele Sangkuriang Kualitas Budidaya  semoga bisa bermanfaat dan membantu..Baca juga Cara Ternak Lele Secara Sangkuriang Organik Panduan Pemula

Advertisement
Cara Pemijahan Induk lele Sangkuriang Kualitas Budidaya | admin | 4.5