Cara Ternak Lele Sangkuriang Organik Panduan Pemula

Cara Ternak Lele Sangkuriang Organik Panduan Pemula – Dalam melakukan ternak lele sangkuriang ini ternyata juga dapat di lakukan dengan cara berbasis organik. Peternakan lele sangkuriang dengan cara berbasis organik ini tentunya sangat aman apabila di gunakan pada jenis lele sangkuriang ini.

Melakukan peternakan dengan menggunakan cara berbasis organik ini terkesan sangat alami, sehingga tidak perlu menggunakan obat-obatan kimia dalam melakukan pembudidayaan lele sangkuriang tersebut. Penggunaan bahan-bahan kimia dalam melakukan pembudidayaan ini akan mengakibatkan sesuatu yang fatal, sehingga semua itu harus segera di singkirkan.

Advertisement

Pembudidayaan dengan menggunakan cara kimia tersebut seperti melakukan pemberian pupuk dan pestisida di dalam makanan ikan lele sangkuriang tersebut. Sehingga lele budidaya lele sangkuriang akan terganggu akibat pembudidayaan yang salah tersebut.

Dalam melakukan ternak lele sangkuriang ini alangkah baiknya jika di budi dayakan dengan menerapkan sistem pembudidayaan berbasis organik. Karena pada dasarnya pembudidayaan lele sangkuriang berbasis organik ini di nilai lebih aman di bandingkan dengan menggunakan cara kimia atau pun sejenisnya.Cara Ternak Lele Secara Sangkuriang Organik Panduan Pemula

Cara Ternak Lele Sangkuriang Organik Panduan Pemula

Penerapan ternak  lele sangkuriang yang berbasis organik pada saat ini sudah banyak di lakukan oleh para petani lele sangkuriang. Keuntungan yang di dapatkan dalam melakukan penerapan budi daya lele sangkuriang ini pun juga terbilang lebih besar di bandingkan dengan penerapan budi daya dengan cara yang lainnya.

Budi daya lele sangkuriang dengan menerapkan sistem berbasis organik ini banyak di minati oleh masyarakat luas di karenakan lebih aman di bandingkan yang lainnya. Selain itu, harga yang di tawarkan untuk lele sangkuriang yang di budi dayakan berbasis organik ini lebih terjangkau.

Keuntungan Ternak Lele Sangkuriang Berbasis Organik

Ketika kita melakukan pembudidayaan dengan menggunakan cara berbasis organik ini tentunya lebih banyak mendapatkan keuntungan. Karena dengan cara berbasis organik ini lele sangkuriang dapat berkembang biak dengan sangat baik dan tentunya lebih sehat lagi di bandingkan sebelumnya.

Berikut ini akan kita jelaskan tentang keuntungan yang di dapatkan ketika melakukan pembudidayaan lele sangkuriang dengan berbasis organik. Jika anda ingin mengetahuinya anda bisa langsung melihatnya di bawah ini .Baca juga Inilah Prospek Budidaya Ternak Lele Sangkuriang

Lebih hemat biaya

Jika kita melakukan pembudidayaan lele sangkuriang ini secara alami tentunya lebih menghemat biaya pengeluaran. Penghematan biaya ini sangat di perlukan dalam melakukan pembudidayaan lele sangkuriang ini, karena penghematan tersebut membuat kita lebih banyak mendapatkan keuntungan.

Kualitas daging lele sangkuriang lebih baik

Seperti yang telah kita ketahui, bahwa jika kita melakukan pembudidayaan dengan menggunakan cara berbasis organik ini akan membuat kualitas daging dari lele sangkuriang tersebut lebih baik lagi di bandingkan dengan cara pembudidayaan yang tidak alami.

Cara Ternak Lele Secara Sangkuriang Organik Panduan Pemula

Lebih aman bagi kesehatan manusia

Dalam melakukan pembudidayaan lele sangkuriang yang di lakukan dengan cara berbasis organik ini tentunya lebih aman bagi kesehatan manusia, karena pada dasarnya jika kita melakukan pembudidayaan dengan cara tidak alami seperti pemberian pupuk dan pestida secara berlebihan, pastinya itu akan mengganggu lingkungan dan juga kesehatan manusia.

Selain itu, pembudidayaan berbasis organik ini juga bisa menjadikan persaingan di era perdagangan semakin bebas. Karena jika pembudidayaan di lakukan tidak secara alami, maka itu akan mempersulit kita dalam bersaing di era perdagangan bebas.

Lebih aman bagi lingkungan

Bukan hanya itu saja, pembudidayaan dengan menggunakan cara yang berbasis organik ini tentunya akan menjadikan lingkungan di sekitar anda lebih aman dan tentunya lebih sehat lagi.

Selain dari pada itu, untuk mengkonsumsi lele sangkuriang yang di budidayakan dengan cara organik akan membuat kita lebih aman lagi dalam hal mengkonsumsinya.

Dengan adanya pembudidayaan lele sangkuriang dengan cara organik ini akan membuat semua orang menjadi lebih aman jika mengkonsumsi lele sangkuriang secara berlebihan.

Teknik Serta cara Budidaya Lele sangkuriang Organik.

Berikut ini merupakan penerapan budi daya lele sangkuriang berbasis organik. Jika anda ingin mengetahuinya lihat lah di bawah ini :Baca juga 6 Usaha Rumahan Dari Ikan Lele Sangkuriang

  • Pemupukan kolam

Seperti yang telah di jelaskan sebelumnya bahwa pembudi dayaan lele sangkuriang ini menggunakan sistem berbasis organik. Jadi, untuk melakukan pemupukannya ini pun harus secara organik pula alias pemupukan kolam yang tidak menggunakan pupuk kimia.Cara Ternak Lele Secara Sangkuriang Organik Panduan Pemula

Advertisement

Biasanya pupuk organik yang di berikan untuk lele sangkuriang ini ialah berupa kotoran kambing atau pun sejenisnya. Penggunaan pupuk organik ini tentunya sangat aman bagi lele yang di pelihara tersebut, jadi kita tidak perlu khawatir dalam melakukan pemeliharaannya.

  • Penanganan hama dan penyakit lele

Walaupun jenis lele sangkuriang ini jarang terkena serangan hama dan penyakit, tetapi kita harus selalu waspada dan juga selalu siaga dalam hal melakukan penanganannya tersebut. Pada umumnya penanganan hama dan penyakit pada lele sangkuriang ini mengunakan cara kimia.

Tetapi untuk saat ini penanganan hama dan penyakit pada lele sangkuriang ini bisa di atasi dengan cara organik. Cara organik yang di maksud tersebut seperti memberikan ramuan herbal dalam bentuk cair. Biasanya pemberian ramuan herbal ini berasal dari tumbuh-tumbuhan yang alami.

  • Cairan herbal untuk kesehatan lele sangkuriang

Untuk ramuan herbal ini ternyata memiliki khasiat yang besar untuk lele sangkuriang ini. Cairan ini berfungsi agar daya tahan tubuh dari lele sangkuriang ini dapat meningkat dan lele sangkuriang ini dapat selalu terlindungi dari serangan hama atau pun penyakit.

Selain itu, ramuan herbal ini juga dapat di gunakan sebagai penetralisir air kolam. Sehingga lele sangkuriang yang ada di dalamnya dapat tumbuh dan berkembang dengan baik.

  • Tidak Menyuntik dengan bahan kimia.

Penyuntikan ini sebenarnya merupakan cara kimia yang banyak di lakukan oleh para petani lele. Tetapi untuk menjaga kesehatan dari lele tersebut, maka kita tidak boleh melakukan penyuntikan atau pemberian obat-obatan kimia tersebut.

Penyuntikan atau pemijahan secara buatan ini pada akhirnya akan membuat lele sangkuriang mudah terserang penyakit dan juga akan mendapatkan anakan yang berkualitas rendah.

Cara Pembenihan lele Sangkuriang Unggul.

Sebelum kita melakukan proses pembudidaya lele sangkuriang ini ada baiknya jika kita melakukan pemilihan benih yang akan di gunakan tersebut terlebih dahulu. Usahakan untuk benih yang akan di gunakan ini harus benih yang berkualitas baik dan tentunya unggulan.Baca juga Perbedaan Lele Dumbo Dan Lele Sangkuriang

Seperti yang telah kita ketahui bersama, bahwa pemilihan benih yang berkualitas ini juga harus berdasarkan pada jenis  indukan lele sangkuriang tersebut. Indukan yang berkualitas unggulan pastinya akan mendatangkan bibit atau benih yang berkualitas unggulan pula.

Cara Ternak Lele Secara Sangkuriang Organik Panduan Pemula

Tetapi walaupun benih tersebut di dapatkan pada jenis indukan yang berkualitas unggulan, bukan berarti dalam proses pemijahan kita lakukan dengan sembarangan cara. Karena pada proses pemijahan ini lah benih atau bibit dari lele sangkuriang ini dapat tumbuh dengan baik dan tentunya tumbuh menjadi lele sangkuriang yang berkualitas unggulan.

Biasanya untuk pemijahan lele sangkuriang dalam satu periode ini membutuhkan waktu hingga 47-69 hari. Pemijahan untuk jenis lele sangkuriang ini memang terbukti memakan waktu yang cukup lama. Tetapi pemijahan yang di lakukan dengan cara yang baik ini tentunya juga akan menghasilkan benih atau bibit lele sangkuriang yang lebih baik lagi.

Kebutuhan kolam dan luas lahan Untuk benih lele

Dalam hal melakukan pemijahan untuk mendapatkan benih yang berkualitas baik ini harus membutuhkan kolam atau wadah yang luas. Dalam pembuatan kolam atau wadah untuk benih lele sangkuriang ini tidak harus di pisahkan antara benih lele sangkuriang yang jantan dan benih lele sangkuriang yang betina.

Tetapi walaupun itu tidak di lakukan secara terpisah, peletakan lele sangkuriang di dalam satu kolam atau satu wadah tersebut harus di batasi. Pembatasan jumlah lele sangkuriang tersebut bertujuan agar lele sangkuriang tersebut tidak bertarung, sehingga dapat menyebabkan kematian pada lele sangkuriang tersebut.

Untuk pemijahan, biasanya kita dapat menggunakan kolam atau wadah hingga berukuran 6 x 2 meter dengan ketinggian yang mencapai 2 meter. Untuk proses pemijahan ini pun biasanya membutuhkan kolam paling sedikit 15 buah kolam.

Pembagian fungsi kolam tersebut hanya bisa di lakukan oleh petani lele sangkuriang. Karena hanya petani lah yang mengetahui seberapa besar kebutuhan yang akan di gunakan untuk lele sangkuriang tersebut.

Sebaiknya kolam-kolam yang ada di sekitar tempat tersebut harus di berikan jarak. Pemberian jarak ini berfungsi pada saat petani melakukan pemberian pakan, dan melakukan pemeliharaan ikan dan kolam lele sangkuriang tersebut.

Lahan yang di gunakan dalam hal melakukan pemijahan ini pun tidak boleh dalam keadaan sempit. Jika lahan tersebut kira-kira tidak memungkinkan, sebaiknya jangan di lakukan pembuatan kolam untuk melakukan pemijahan lele sangkuriang ini.

Bukan hanya itu saja, usahakan lahan yang di gunakan untuk pembuatan kolam tersebut harus di beri luang yang kosong. Pemberian luang yang kosong ini berfungsi agar kita dapat membuat rumah jaga di sekitar kolam lele sangkurang tersebut.demikian Cara Ternak Lele Secara Organik Panduan Pemula Lengkap semoga bisa membantu..Baca juga Ciri Fisik Lele Sangkuriang Kualitas Unggul Budidaya

Advertisement
Cara Ternak Lele Sangkuriang Organik Panduan Pemula | admin | 4.5