Merawat Anak Kelinci Umur 1-2-3 Bulan

Merawat anak kelinci umur 1-2-3 bulan – Kelinci merupakan salah satu hewan piaraan yang juga memiliki banyak penggemar.tak hanya para orang tua,anak-anak juga memiliki peran penting dalam membudidayakan kelinci,baik pedaging dan kelinci hias.

Akan tetapi,bukti di lapangan masih banyak orang yang kesulitan untuk merawat kelinci,Kusus pada saat kelinci masih kecil.merawat kelinci yang masih anak-anak tergolong lebih sulit jika kita bandingkan dengan merawat kelinci dewasa.

Kelinci salah satu hewan yang memiliki tingkat produktifitas paling tinggi,bisa di katakan,jika induk kelinci bisa menghasilkan anakan dalam kurun waktu satu bulan sekali,asa anakan yang telah di lahirkan langsung kita pisahkan untuk di lakukan perawatan secara mandiri,Dengan begitu,maka induk kelinci akan mulai kawin dan menghasilkan anakan kembali.Merawat Anak Kelinci Umur 1-2-3 Bulan

Advertisement

Merawat Anak Kelinci Umur 1-2-3 Bulan

Sesuai penjelasan di atas,jika merawat bayi kelinci lebih sulit dari pada merawat kelinci dewasa.sebab bayi kelinci lebih sensitif dan mudah mengalami kematian.di tambah jika kurang mengerti tata cara perawatan secara benar,maka bisa di pastikan,jika kelinci cepat atau lambat akan mengalami kematian..

Saat bayi kelinci baru di lahirkan,terlihat warna merah dan tanpa bulu semua organ tubuh misal mata,telinga,kaki belum berfungsi secara sempurna,inilah tugas terberat kita dalam merawat anak bayi kelinci.dan dalam hitungan hari ke 7,bulu kelinci lambat laun akan mulai tumbuh dan dalam usia satu bulan,bulu sudah tumbuh dengan sempurna..

Saat kelinci lahir,ia akan lebih diam dan akan menyusui sang induk menjelang beberapa hari,untuk 1-2-3 hari,mungkin anakan kelinci memerlukan susu dan makanan,sebab semua organ tubuh belum mampu untuk mencerna semua jenis makanan dan susu dari sang induk..

Baca juga: Cara Beternak Kelinci Pedaging Rumahan

nah,setelah anak bayi berumur 15 hari,maka makanan lain selain susu sudah bisa untuk kita berikan sebagai pakan tambahan untuk memperkuat tenaga,mineral dan kelinci lebih mengenal pakan alami yaitu sebuah sayuran.

Advertisement

Umur anak kelinci bisa di sapih.

Setelah anak kelinci berumur 40 hari,maka anak kelinci tersebut sudah bisa untuk di pisahkan dari sang induk atau bisa di sebut Sapih.Di usia ini,anakan kelinci sudah mampu mencerna semua makanan,baik pakan utama,pakan tambahan dan pakan lain seperti pakan dari biji-bijian sebagai pelengkap gizi dan protein..

Ingat anak bayi yang masih memiliki umur 50 hari kebawah masih sangat rentan dan sangat mudah untuk terserang sebuah penyakit.jadi tugas kita adalah menjaga dan memberikan pakan,vitamin dan air minum yang benar-benar bersih,segar dan higienis untukkesehatan anakan kelinci tersebut.Merawat Anak Kelinci Umur 1-2-3 Bulan

Selain dari penyakit,anakan kelinci juga rawan terhadap segala jenis predator,salah satunya adalah kucing,anjing dan ular.jika lokasi kandang kita tempatkan di luar,maka pastikan semua aman dan terkunci dengan rapat.

Baca Juga: Cara Mudah Budidaya kelinci Hias Dan Pedaging

Yang paling di takutkan adalah jenis ular yang bisa masuk kandang kelinci keran memiliki bentuk ukuran badan lebih kecil.pastikan bahan kandang kusus untuk anakan kelinci terbuat dari kawat ram yang memiliki lubang kecil untuk menjaga hama datang menyerang.

Pakan Anakan Kelinci.

Sesuai penjelasan di atas,jika dalam tata cara memberikan pakan kelinci juga di sesuaikan dengan umur.Untuk anak kelinci yang baru menetas sampai memiliki umur 15 hari,maka hanya di berikan air susu induknya,untuk anakan dengan umur ini belum bisa memakan jenis makanan lain selain susu dari induk.

Nah,Untuk anakan yang telah berumur 20 hari keatas,maka pemberian pakan lain,misal sayuran,rumput,pakan pelet bis untuk kita berikan.pastikan pakan yang kita berikan masih dalam kondisi segar dan bersih dari berbagai zat beracun dan getah tanaman.

Baca Juga: 7 Jenis Makanan Kelinci Paling Sehat

Setelah anak kelinci berumur 40 hari keatas,maka anakan tersebut sudah bisa untuk di pisahkan dengan sang induk supaya induk mampu untuk menghasilkan anakan kembali dalam tempo 37 hari kedepan.Demikian sedikit penjelasan tentang Merawat Anak Kelinci Umur 1-2-3 Bulan semoga berguna dan bermanfaat..salam..

Advertisement
Merawat Anak Kelinci Umur 1-2-3 Bulan | admin | 4.5