Pakan Dan Teknik Menebar Benih Ikan Lele Kolam

Pakan Dan Teknik Menebar Benih Ikan Lele Kolam – Dalam hal melakukan proses ternak lele sangkuriang Kolam ada baiknya jika kita melakukan pemilihan benih yang akan di gunakan untuk pembudidayaan tersebut. Benih yang berkualitas baik tentunya akan membuat hasil pembudidayaan lele sangkuriang semakin berkualitas pula.

Untuk pemilihan jenis benih yang akan di budidayakan ini pun harus benar-benar dalam keadaan yang sehat. Artinya benih lele tersebut tidak mudah terserang hama atau pun berbagai jenis penyakit lainnya. Pemilihan benih yang masih dalam keadaan sehat ini juga akan mendatangkan banyak keuntungan bagi semua orang.

Advertisement

Selain itu, lele sangkuriang yang memiliki kualitas yang baik atau kualitas yang lebih unggul justru dapat di lihat secara langsung dari fisik lele sangkuriang tersebut. Jika lele sangkuriang tersebut bergerak dengan lincah serta ukuran tubuhnya seimbang, maka lele sangkuriang tersebut sudah termasuk jenis lele yang berkualitas baik.

Pakan Dan Teknik Menebar Benih Ikan Lele Kolam

Pakan Dan Teknik Menebar Benih Ikan Lele Kolam

Agar lebih ingin mendapatkan hasil pembudidayaan yang berkualitas unggulan, maka ada baiknya jika kita melakukan penebaran benih lele sangkuriang ketika waktu malam hari.

Karena pada waktu malam hari itu lah benih-benih lele tidak langsung terkena sengatan matahari, sehingga lebih bisa menyesuaikan dirinya terhadap lingkungan yang baru ia singgahi.Artikel terkait Cara Ternak Lele Secara Sangkuriang Organik Panduan Pemula

Untuk melakukan penebaran benih ini, sebaiknya harus di lakukan secara hati-hati. Penebaran benih lele sangkuriang secara hati-hati ini di lakukan agar lele sangkuriang tersebut tidak akan mudah mengalami stres akibat perubahan tempat tinggal.

Tata Guna pakan Lele Sanguriang

Dalam hal melakukan pemberian pakan pada lele sangkuriang ini tidak boleh di lakukan dengan sembarang cara. Pemberian pakan untuk lele sangkuriang ini juga harus ada tata gunanya. Biasanya untuk jenis lele sangkuriang ini dapat di berikan pakan hanya 2 kali dalam satu hari, yaitu setiap pagi dan sore hari saja.Pakan Dan Teknik Menebar Benih Ikan Lele Kolam

Usahakan untuk pemberian pakan tersebut harus di berikan sesuai dengan ketentuan yang berlaku, alias pemberian pakan untuk lele sangkuriang ini tidak boleh di lakukan secara berlebihan atau pun kekurangan.

Untuk melakukan pemberian pakan ini sebaiknya jangan di lakukan ketika waktu siang hari yang sangat terik. Karena pada waktu permukaan kolam masih dalam keadaan yang sangat panas akibat sengatan sinar matahari, sehingga tidak baik apabila di gunakan untuk pemberian pakan lele sangkuriang.

Biasanya dalam pemberian pakan lele sangkuriang ini dapat langsung di berikan dengan menggunakan pelet apung. Pelet apung ini sangat baik di gunakan karena lele sangkuriang dapat langsung mengkonsumsinya di atas permukaan kolam dengan baik tanpa harus mencarinya di dalam kolam.

Sebaiknya dalam melakukan pemberian pakan pada lele sangkuriang ini di lakukan melalui empat titik. Jika di berikan hanya satu hingga dua titik saja, maka itu akan membuat lele sangkuriang lainnya tidak kebagian pakan yang telah di berikan tersebut.simak juga Cara Pemijahan Induk lele Sangkuriang Kualitas Budidaya

Persiapan Kolam Pembesaran Lele Sangkuriang

Sebelum proses pembudi dayaan di lakukan, ada baiknya jika kita melakukan persiapan kolam yang akan di gunakan untuk lele sangkuriang tersebut. Persiapan kolam ini biasanya dapat di gunakan nantinya untuk melakukan proses pembesaran pada lele sangkuriang ini.

Advertisement

Pakan Dan Teknik Menebar Benih Ikan Lele Kolam

Biasanya kolam yang akan di gunakan untuk pembesaran lele sangkuriang ini ialah sejenis kolam semen. Untuk pembuatan kolam semen sendiri memang membutuhkan biaya yang cukup besar, mulai dari membeli semen hingga perlengkapan yang di butuhkan lainnya.

Persiapan kolam yang di maksud ini harus benar-benar siap untuk di gunakan. Karena persiapan kolam ini juga akan menentukan kecepatan dari pemanenan lele sangkuriang tersebut. Perlu anda ketahui bahwasannya kolam yang di gunakan untuk melakukan pembesaran lele sangkuriang ini tidak boleh dalam keadaan yang terlalu besar dan juga terlalu sempit.

Tetapi walaupun demikian, kolam lele sangkuriang ini harus di tempatkan di suatu lahan yang luas, agar proses pembesaran pada lele sangkuriang tersebut dapat berjalan dengan baik dan sesuai dengan yang kita inginkan.

Dalam melakukan persiapan untuk kolam lele sangkuriang ini, yang pertama kali harus di lakukan ialah melakukan pengisian air kolam dengan menggunakan air yang bersih dan tentunya terbebas dari serangan hama dan penyakit. Untuk kolam semen, biasanya juga dapat di lapisi dengan terpal, agar terlihat lebih aman.Tulisan terkait Cara Menetaskan Telur Dan Larva Lele Sangkuriang

Pengisian Air pada Kolam lele

Usahakan untuk pengisian air kolam pembesaran ini menggunakan air hujan. Penggunaan air hujan untuk mengisi kolam pembesaran ini merupakan suatu langkah yang sangat efektif. Karena pada dasarnya air hujan tersebut belum sempat tercemar lingkungan yang ada di sekitarnya, sehingga aman bila di gunakan untuk pengisian air kolam pembesaran.

Pakan Dan Teknik Menebar Benih Ikan Lele Kolam

Setelah air terisi sesuai dengan yang diinginkan, baru lah selanjutnya yang akan kita lakukan ialah melakukan pemupukan menggunakan pupuk organik. Pupuk organik yang di maksud ini seperti halnya kotoran kambing yang sudah kering maupun yang masih basah.

Usahakan kotoran kambing tersebut langsung di ambil dari kandangnya. Karena kotoran kambing yang masih dalam keadaan alami ini sangat baik untuk perkembangan lele sangkuriang nantinya.Untuk pemberian pupuk kandang ini biasanya dapat di berikan dengan cara langsung di tebarkan ke dalam kolam lele sangkuriang tersebut.

Walaupun pemberian pupuk ini hanya di tebarkan, tetap saja pemberian pupuk tersebut harus sesuai dengan dosis dan ketentuan yang berlaku.

Setelah kedua tersebut di lakukan dengan cara yang baik dan benar, maka yang selanjutnya dapat di lakukan ialah melakukan pemberian air herbal yang bercampur dengan garam dapur pada air kolam tersebut terlebih dahulu. Pemberian herbal pada kolam pembesaran tersebut harus di lakukan, agar lele sangkuriang tersebut tidak mudah untuk terserang hama atau pun penyakit.

Untuk pemberian herbal ke dalam kolam pembesaran ini biasanya juga harus sesuai dengan dosis yang berlaku. Karena apa-apa saja yang berlebihan pastinya tidak baik untuk di lanjutkan.demikian sedikit ulasan mengenai Pakan Dan Teknik Menebar Benih Ikan Lele Kolam semoga bisa berguna dan membantu..baca juga Pemilihan Induk Lele Sangkuriang Kualitas Ternak

Advertisement
Pakan Dan Teknik Menebar Benih Ikan Lele Kolam | admin | 4.5