Panen lele Sangkuriang Umur Dan Tekniknya Secara Benar

Panen lele Sangkuriang Umur Dan Tekniknya Secara Benar – Panen merupakan sesuatu yang paling di tunggu-tunggu oleh para petani lele sangkuriang. Karena pada waktu panen itu lah kita dapat mengetahui berapa banyak keuntungan yang kita peroleh. Untuk panen lele sangkuriang ini baru dapat di lakukan ketika lele sangkuriang tersebut telah mencapai bobot yang telah di tentukan.

Biasanya dalam melakukan pemanenan lele sangkuriang ini jarang di temukannya kerugian atau kegagalan di dalamnya. Sehingga para petani lebih senang melakukan pembudidayaan lele sangkuriang ini, karena kegagalan yang di alami tidak separah ketika melakukan pembudidayaan ikan air tawar lainnya.

Advertisement

Untuk pemanenan ini biasanya di lakukan ketika waktu pagi hari, karena di waktu pagi hari ini matahari belum keluar semua. Sehingga masih bagus apabila di gunakan untuk waktu pemanenan lele sangkuriang.

Jangan lakukan pemanenan ketika cuaca sedang hujan atau pun sedang panas, karena itu akan membuat lele sangkuriang tersebut akan mengalami stres berkepanjangan, sehingga dagingnya tidak enak lagi untuk di konsumsi.

Panen lele Sangkuriang Umur Dan Tekniknya Secara Benar

Setelah pemanenan selesai di lakukan dengan baik dan benar, maka yang harus di perhatikan untuk selanjutnya ialah melakukan pengemasan pada lele-lele yang telah di panen tadi. Usahakan lele sangkuriang tersebut tetap dalam keadaan hidup sampai di tangan konsumen, agar cita rasa dari lele tersebut tetap terjamin.

Jika lele tersebut sampai di tangan konsumen dalam keadaan sudah mati, maka sudah di pastikan lele tersebut tidak akan enak lagi untuk di konsumsi alias sudah tidak segar lagi.

Usahakan untuk pengemasan tersebut harus di lakukan dengan baik, agar lele tersebut tidak mudah mengalami kematian. Sebaiknya untuk pengemasan ini tetap di lakukan dengan menggunakan air yang secukupnya, agar lele sangkuriang tersebut tetap dalam keadaan hidup.Tulisan terkait Pakan Dan Teknik Menebar Benih Ikan Lele Kolam

Tips Pemanenan lele sagkuriang ternak

Pemanenan lele sangkuriang ini terbagi atas dua, yang pertama pemanenan benih lele sangkuriang dan yang kedua pemanenan lele sangkuriang yang sudah memasuki usia dewasa. Untuk pemanenan ini memang harus di lakukan sebaik mungkin, agar tidak terjadi kesalahan yang tidak diinginkan.

Pemanenan benih lele sangkuriang

Benih lele sangkuriang baru dapat di panen ketika benih tersebut telah mencapai ukuran sekitar 7-8 cm. Selain itu, benih lele baru dapat di panen, yaitu ketika telah memasuki usia 3 minggu. Benih lele yang telah di panen ini dapat langsung kita jual ke tempat petani pembibitan lele sangkuriang.

Panen lele Sangkuriang Umur Dan Tekniknya Secara Benar

Untuk melakukan pemanenan benih lele sangkuriang ini tentunya harus di lakukan secara hati-hati, karena pada dasarnya benih lele sangkuriang tersebut masih dalam keadaan yang lembut dan sangat rentan terhadap benda-benda yang ada di sekitarnya.

Perlu kita ketahui, bahwasan nya kulit benih lele sangkuriang ini masih benar-benar halus. Jadi untuk memanennya kita harus menggunakan jenis jaring yang sangat halus untuk memanennya, agar kulit lele tersebut tidak mudah sobek.

Teknik Panen lele Sangkuriang Konsumsi

Advertisement

Selain dari benih lele sangkuriang yang dapat di panen, ada juga yang namanya lele konsumsi. Lele konsumsi ini memang sering memasuki masa panen secara singkat. Biasanya lele sangkuriang ini bisa memasuki masa panen ketika lele sangkuriang ini telah mencapai bobot yang telah di tentukan sebelumnya.

Untuk lele konsumsi ini biasanya dapat segera di panen ketika lele tersebut telah menghabiskan pakan yang sangat banyak. Ketika lele sangkuriang konsumsi tersebut telah menghabisi pakan yang banyak, otomatis bobot dari lele sangkuriang tersebut berkembang drastis.simak juga 6 Jenis Pakan lele Sangkuriang Alami Buatan Murah Berkualitas

Dalam melakukan pemanenan lele sangkuriang ini harus di lakukan sebaik mungkin, agar pemanenan tersebut mendapatkan hasil yang lebih baik lagi. Usahakan pada waktu pemanenan tersebut lele harus di ambil secara hati-hati agar tidak mudah terluka.

Panen lele Sangkuriang Umur Dan Tekniknya Secara Benar

Selain dari pada itu, pada saat di lakukannya pemanenan, air yang ada di dalam kolam lele tersebut harus di keringkan terlebih dahulu. Pengeringan air kolam ini memang sangat di perlukan, agar lele tersebut mudah untuk di amankan.

Tetapi penyurutan air tersebut tidak boleh di lakukan secara berlebihan hingga air benar-benar surut. Jika air dalam keadaan benar-benar surut, maka lele sangkuriang tersebut akan sangat sulit sekali untuk bernafas. Sehingga lele sangkuriang tersebut bisa jadi akan mengalami kematian sebelum sampai di tangan konsumen.

Untuk melakukan pemanenan ini biasanya sering di lakukan dengan cara menjaring. Jaring yang di gunakan ini biasanya harus jaring yang lembut dan halus. Karena seperti yang telah kita ketahui bahwa jenis lele sangkuriang tersebut memiliki kulit yang halus dan lembiut sehingga tidak boleh merasa tersakiti oleh benda-benda yang kasar.

Biasanya lele sangkuriang tersebut dapat di panen ketika lele tersebut telah memasuki usia 4 minggu. Pada usia itulah daging lele sangkuriang ini mulai terasa gurih dan tentunya sangat lembut.

Maka dari itu, untuk melakukan pemanenan tersebut yang harus kita perhatikan ialah usia dari lele itu sendiri. Jika lele sangkuriang tersebut masih berusia 2 mingguan, maka sebaiknya lele tersebut tidak boleh di panen terlebih dahulu.

Panen lele Sangkuriang Umur Dan Tekniknya Secara Benar

Karena memanen lele sangkuriang yang masih berusia muda itu akan membuat cita rasa dari lele tersebut tidak nikmat untuk di konsumsi. Selain dari itu, melakukan pemanenan lele sangkuriang yang masih berusia muda, itu tidak akan memuaskan. Karena otomatis daging dari lele sangkuriang tersebut tidak terasa untuk di konsumsi.

Selain itu, memanen lele sangkuriang yang masih berusia 2 mingguan itu akan membuat turunnya popularitas lele sangkuriang. Karena pada dasarnya lele sangkuriang yang masih muda tentunya belum layak untuk di jual, sehingga para pedagang enggan membelinya.

Jika pun pedagang ingin membelinya, sudah pasti harga yang di tawarkannya pun sangat rendah, sehingga itu akan menyebabkan kerugian untuk petani lele tersebut.demikian Panen lele Sangkuriang Umur Dan Tekniknya Secara Benar  semoga bisa membantu..Baca juga Pengendalian Hama Penyakit Pada Ternak Lele Sangkuriang

Advertisement
Panen lele Sangkuriang Umur Dan Tekniknya Secara Benar | admin | 4.5