Pengendalian Hama Penyakit Pada Ikan Nila Budidaya

Pengendalian Hama Penyakit Pada Ikan Nila Budidaya – Dalam hal melakukan usaha Budidaya ikan nila, tentunya ada beberapa hal yang harus kita perhatikan. Hal tersebut seperti halnya melakukan pengendalian terhadap hama dan penyakit. Hama dan penyakit tersebut memang telah menjadi musuh terberat dalam hal melakukan Budidaya

Tetapi untuk jenis hama maupun penyakit ini biasanya jarang untuk menyerang jenis ikan nila ini. Walaupun jenis hama dan penyakit tersebut jarang menyerang ikan nila, bukan berarti kita tidak melakukan pencegahan dan juga pengendaliannya.

Advertisement

Jika hama atau pun penyakit tersebut telah menyerang ikan nila tersebut, maka itu akan semakin sulit untuk di lakukannya pengendalian. Karena pada dasarnya ikan nila ini merupakan jenis ikan yang jarang terserang hama atau pun penyakit, jadi sewaktu terserang hama atau pun penyakit, ikan nila ini akan sangat sulit sekali untuk di sembuhkan.

Pengendalian Hama Penyakit Pada Ikan Nila Budidaya

Pengendalian Hama Penyakit Pada Ikan Nila Budidaya

Apabila hama atau pun penyakit sudah mulai menyerang salah satu ikan nila ini, maka dalam satu kolam Budidaya tersebut juga akan sangat mudah tertular hama atau pun penyakit tersebut. Biasanya angka kematian yang muncul pada jenis ikan nila ini ialah sekitar 8 % dari jumlah ikan yang di tebar tersebut.

Artinya tidak semua ikan nila yang memiliki daya tahan tubuh yang lemah dan mudah tertular penyakit. Maka dari itu, jika salah satu ikan sudah menunjukkan tanda-tanda sakit, maka akan lebih baik lagi apabila ikan nila tersebut kita pindahkan ketempat kolam yang lainnya agar hama dan penyakit tidak mudah untuk menular.

Pengendalian hama Pada Ikan Nila Kolam

Walaupun keberadaan hama ini tidak terlalu membahayakan ikan Budidaya ikan nila. Tetapi kita juga harus tetap melakukan pengendalian terhadap hama tersebut. Biasanya hama pengganggu ini ialah berupa seperti ular, burung dan juga elang.Tulisan terkait Lain Bahan Peralatan Sebelum Budidaya Ikan Nila Kolam

Agar hama tersebut tidak mendatangi lokasi Budidaya yang kita miliki, maka ada baiknya jika kita melakukan perbaikan terhadap kolam ikan yang kita miliki tersebut.

Pengendalian Hama Penyakit Pada Ikan Nila Budidaya

Jika kondisi kolam tempat Budidaya tersebut dalam keadaan yang lebih baik lagi, maka kemungkinan besar hama-hama pengganggu ikan nila tersebut tidak mudah melakukan penyerangan lagi.

Bukan hanya itu saja, hama yang di sebut-sebut sebagai pengganggu tersebut juga akan melakukan penyerangan terhadap benih ikan nila yang masih berukuran yang lebih kecil. Jika benih yang di serang oleh hama tersebut, maka itu akan mengakibatkan kualitas dari benih ikan nila tersebut akan menjadi tidak baik lagi.

Tidak hanya mengancam kualitas dari benih ikan nila tersebut, hama ini juga akan membuat benih-benih dari ikan nila tersebut akan menjadi mati. Jika benih-benih tersebut tidak memiliki kualitas yang baik lagi dan dapat mengakibatkan kematian akibat ulah dari hama-hama tersebut, maka sudah di pastikan bahwa petani Budidaya ikan nila tersebut akan mengalami kerugian yang terbesar.

Pengendalian penyakit Pada Ikan Nila Ternak

Selain dari hama yang dapat mengganggu kehidupan ikan nila ini, ada juga yang namanya penyakit. Biasanya penyakit yang sering menyerang ikan nila ini tidak dapat di sembuhkan dengan cara yang mudah dan juga praktis. Mestinya harus ada penanganan yang lebih lanjut lagi.

Pengendalian Hama Penyakit Pada Ikan Nila Budidaya

Separah apa pun jenis penyakit yang menyerang ikan nila tersebut, pastinya ada obat penawarnya dan juga cara melakukan pencegahan agar penyakit tersebut tidak mudah menyerang pada ikan nila tersebut. Dalam hal ini tentunya para petani lebih menerapkan sistem pencegahan di bandingkan dengan pengobatan.

Sistem pencegahan ini di lakukan karena tidak memakan biaya yang cukup besar di bandingkan dengan cara mengobati. Seperti yang telah kita ketahui sebelumnya, bahwa melakukan pengobatan tersebut akan sangat memakan biaya yang sangat besar.Simak juga Tahap Pembesaran Ikan Nila Dan Pemilihan Bibit Unggul

Maka dari itu dalam melakukan Budidaya ikan nila ini hal yang harus selalu di terapkan ialah melakukan pencegahan terhadap datangnya hama atau pun penyakit lainnya. Biasanya pencegahan yang dapat di lakukan tersebut ialah seperti halnya menjaga kebersihan kolam dan sekitar kolam Budidaya tersebut.

Selain dari pada itu, pencegahan yang dapat di lakukan untuk jenis ikan nila ini ialah kita harus selalu menjaga kebersihan dari air kolam tersebut. Pastikan pakan yang kita berikan tersebut memiliki kualitas yang lebih baik lagi, sehingga penyakit tidak mudah menyerang ikan nila tersebut.

Advertisement

Bukan hanya itu saja, pencegahan penyakit tersebut juga dapat di lakukan dengan cara menjauhkan atau mensisihkan ikan nila yang mulai atau yang sudah terserang penyakit. Penjauhan ini bertujuan agar jenis ikan nila lainnya tidak mudah terserang penyakit juga.

Pengobatan Penyakit pada Ikan Nila Kolam

Jika suatu penyakit tidak dapat di cegah dan tiba-tiba menyerang ikan nila tersebut. Maka hal yang harus di lakukan selanjutnya ialah melakukan pengobatan. Pengobatan ini merupakan sesuatu yang sangat terpenting agar ikan nila tersebut tetap bertahan hidup lebih lama lagi.

Biasanya dalam melakukan pengobatan untuk jenis ikan nila ini menggunakan obat-obatan herbal. Biasanya obat-obatan tersebut di masukkan ke dalam wadah atau air yang ada di sekitar tempat Budidaya tersebut. Pencampuran obat-obatan tersebut juga harus sesuai dengan dosis dan ketentuan yang berlaku.Simak juga Tips Memulai Usaha Budidaya Ternak Ikan Nila Pemula

Tentukan Volume air Pada Kolam

Dalam hal melakukan pengobatan pada ikan nila ini, kita juga harus memperhatikan volume air yang ada. Volume air tersebut juga harus sesuai dengan obat yang akan di berikan untuk ikan nila tersebut. Sebaiknya volume air tersebut dalam keadaan yang sangat tenang.

Tentukan Jumlah ikan Pada KolamPengendalian Hama Penyakit Pada Ikan Nila Budidaya

Selain itu, jumlah ikan yang sakit juga harus di tentukan terlebih dahulu. Di dalam satu kolam Budidaya tersebut tidak boleh ada ikan yang sehat di dalamnya, harus ikan yang sakit saja. Karena jika ikan nila yang sehat juga di obati, maka itu akan membuat perkembangan ikan nila yang sehat semakin terganggu.

Berbagai Jenis Penyakit parasit Ikan Nila

Seperti yang telah kita ketahui sebelumnya, bahwa dalam hal melakukan Budidaya ikan nila ini tidak selamanya berjalan dengan mulus. Pastinya ada beberapa gangguan yang dapat menyebabkan ikan nila tersebut menjadi tidak dapat berkembang dengan baik.

Biasanya gangguan yang di maksud tersebut ialah berupa seperti gangguan hama dan juga penyakit. Pada umumnya hama yang menyerang ikan nila ini tidak terlalu membahayakan. Hanya saja yang membahayakan tersebut ialah penyakit yang menyerang ikan nila tersebut.Baca juga Kelebihan Usaha Bisnis Ikan Nila Budidaya Cukup Mengiurkan

Penyakit yang menyerang budi daya ikan nila ini biasanya berbagai macam, jika anda ingin mengetahui berbagai macam jenis penyakit yang dapat menyerang ikan nila tersebut, anda bisa langsung melihatnya di bawah ini :

Penyakit Nila Monogeneasis

Penyakit yang satu ini merupakan jenis penyakit yang di sebabkan oleh cacing mikroskopis. Biasanya jenis penyakit yang satu ini dapat menyerang ikan nila karena di akibatkan karena tidak bersihnya lingkungan yang ada di sekitar tempat pembudi dayaan.

Biasanya penyakit ini muncul dengan di tandai dengan bercak putih seperti kapas di sekitar permukaan tubuh ikan nila tersebut. Selain dari itu, sisik dari ikan nila tersebut mudah sekali terkelupas sehingga sangat mudah terjadinya luka pada kulit ikan nila tersebut.

Penyakit Nila Icthyophthiriasis

Jenis penyakit yang satu ini biasanya dapat di sebabkan oleh penyakit bintik putih pada nila. Jika pada permukaan tubuh ikan nila ini sudah terdapat beberapa bintik putih, maka kita harus segera melakukan pencegahan terhadap penyakit tersebut.

Untuk jenis penyakit yang satu ini dapat di cegah dengan cara memberikan cairan formalin atau garam kepada air yang ada pada kolam tersebut. Pastikan kolam yang di berikan cairan formalin atau garam ini harus berisi ikan nila yang memiliki penyakit ich ini saja.

Penyakit Nila Trichodiniasis

Trichodiniasis ini merupakan jenis penyakit yang sering menyerang ikan nila. Biasanya jenis penyakit ini banyak menyerang pada bagian sisik dan kulit dari ikan nila tersebut. Untuk jenis penyakit yang satu ini biasanya terbilang cukup berbahaya.

Tetapi walaupun jenis penyakit yang satu ini terlihat seperti berbahaya, tetap saja bisa di atasi dengan cara memberikan pengobatan. Biasanya pengobatan yang di lakukan untuk jenis penyakit yang satu ini ialah seperti melakukan pemberian pakan dengan cara yang baik dan benar.

Saprolegniasis

Jenis penyakit yang satu ini biasanya dapat di sebabkan oleh jamur yang melekat pada telur-telur ikan nila. Untuk dapat pulih kembali itu hanya berkemungkinan yang sangat kecil. Karena pada dasarnya jenis penyakit yang satu ini tidak mudah untuk di sembuhkan walaupun dengan menggunakan beberapa cara.

Untuk meringankan rasa sakit yang ada pada ikan nila tersebut, maka kita bisa melakukannya dengan cara merendam ikan-ikan atau telur-telur ikan yang terserang penyakit tersebut dengan air larutan garam dengan dosis yang telah di anjurkan.

Cukup sekian informasi mengenai Pengendalian Hama Penyakit Pada Ikan Nila Budidaya semoga saja bisa berguna dan membantu bagi anda yang selama ini kebingungan untuk membasmi hama penyakit pada ikan nila baik ternak maupun nila budidaya..Tulisan terkait lain Menebar Benih Ikan Nila Serta Pakan Supaya Cepat Besar

Advertisement
Pengendalian Hama Penyakit Pada Ikan Nila Budidaya | admin | 4.5