Pengendalian Hama Penyakit Pada Ternak Lele Sangkuriang

Pengendalian Hama penyakit Pada Ternak Lele Sangkuriang – Dalam melakukan ternak ikan lele sangkuriang ini, tentunya harus ada tata cara yang baik dalam melakukan pembudidayaannya. Tata cara yang di lakukan dalam melakukan pembudidayaan lele sangkuriang ini memang harus benar-benar dalam keadaan yang baik.

Biasanya dalam melakukan pembudidayaan lele sangkuriang ini hal yang harus di perhatikan secara benar ialah kesehatan dari lele sangkuriang tersebut. Pastikan hama dan penyakit tidak mudah menyerang lele sangkuriang tersebut.

Advertisement

Untuk hama dan penyakit yang menyerang lele sangkuriang ini pada umumnya bisa di atasi dengan baik. Artinya lele sangkuriang ini merupakan jenis ikan yang kuat terhadap serangan hama atau pun penyakit. Tetapi walaupun kuat alias tahan banting, bukan berarti pemeliharaannya di lakukan dengan sembarang cara.

Pengendalian Hama penyakit Pada Ternak Lele Sangkuriang

Pengendalian Hama Penyakit Pada Ternak Lele Sangkuriang

Berikut ini merupakan beberapa jenis hama yang sering menyerang lele sangkuriang, jika anda ingin mengetahuinya. Anda bisa langsung melihatnya di bawah ini :baca Cara Menetaskan Telur Dan Larva Lele Sangkuriang

Jenis Hama pada Ikan Lele sangkuriang

Hama lele Kodok

Kodok ini merupakan hewan yang sering di sebut-sebut sebagai hama perusak. Karena hama kodok ini dapat menghabisi benih-benih lele yang siap untuk di tebarkan. Maka dari itu untuk jenis kolam pembudidayaan benih lele sangkuriang ini harus di buat dengan ketinggian yang tidak mudah untuk di jangkau oleh hama kodok tersebut.

Hama lele Kelelawar

Selain dari hama kodok, kelelawar juga termasuk hama yang sering mengganggu kehidupan lele sangkuriang. Kelelawar ini juga sama seperti hama kodok, yaitu sering memangsa benih-benih lele sangkuriang yang masih dalam tahap pembesaran.

Maka dari itu, agar kelelawar ini tidak mudah memangsa benih-benih dari lele sangkuriang tersebut, maka kita harus membuat kolam benih yang lebih rapat lagi, agar kelelawar tidak mudah menghinggapi kolam lele sangkuriang tersebut.

Hama lele Ular

Ular ini merupakan jenis hama yang sangat berbahaya di dalam kehidupan lele sangkuriang. Ular ini bukan hanya dapat memangsa benih dari lele sangkuriang tersebut, bahkan lele sangkuriang yang sudah dewasa juga dapat menjadi mangsanya.

Agar hama yang satu ini tidak mudah menyerang kolam lele tersebut, maka sebaiknya kita harus menjaga kebersihan dari kolam lele tersebut. Selain menjaga kebersihan kolam, kita juga harus memberi penangkal agar ular tidak mudah menyerang kolam lele sangkuriang tersebut.

Hama lele Ucrit

Hama yang bernama ucrit ini merupakan jenis hama yang tidak terlalu berbahaya bagi lele sangkuriang. Tetapi walaupun tidak berbahaya, hama ucrit ini juga harus selalu di waspadai karena ucrit ini merupakan jenis hama yang hidup di perairan.

Pengendalian Hama Penyakit Pada Ternak Lele Sangkuriang

Biasanya ucrit ini dapat menyerang benih-benih lele dan juga telur-telur dari lele sangkuriang tersebut. Sehingga kita mesti di anjurkan untuk menjaga kebersihan kolam lele tersebut, agar hama ucrit ini tidak mudah mengganggu lele sangkuriang lagi.

Intinya kebersihan kolam lele sangkuriang ini memang harus selalu di jaga dengan baik, jika perlu air kolam tersebut harus di ganti secara rutin.Simak juga Pemilihan Induk Lele Sangkuriang Kualitas Ternak

Advertisement

Jenis Penyakit pada ternak Lele sangkuriang

Selain dari hama yang dapat menyerang lele sangkuriang, ada juga yang namanya penyakit. Biasanya penyakit yang menyerang lele sangkuriang ini lebih berbahaya di bandingkan serangan hama yang menyerang lele sangkuriang yang sebelumnya.

Penyakit ini bisa saja menyebabkan kematian pada lele sangkuriang tersebut jika tidak segera di atasi, karena pada dasarnya penyakit yang menyerang lele sangkuriang ini termasuk jenis penyakit yang langka untuk di bisa di sembuhkan, tetapi hanya bisa untuk di cegah.

Tetapi penyakit yang menyerang lele sangkuriang ini tidak terlalu banyak, sehingga masih bisa melalui tahap pencegahan. Biasanya penyakit yang menyerang lele sangkuriang ini berawal dari kehadiran jamur dan bakteri. Bukan hanya itu saja, kebersihan kolam juga akan mempengaruhi datangnya penyakit.

Pengendalian Hama Penyakit Pada Ternak Lele Sangkuriang

Maka dari itu, kebersihan kolam untuk lele sangkuriang ini harus benar-benar di jaga. Selain itu, air kolam lele sangkuriang tersebut harus selalu rutin untuk di ganti, agar kesehatan lele sangkuriang tetap terjaga dan tentunya tidak mudah terserang hama atau pun penyakit.

Berikut ini merupakan beberapa jenis penyakit yang sering menyerang lele sangkuriang, jika anda ingin mengetahuinya anda bisa langsung melihatnya di bawah ini :baca juga Pakan Dan Teknik Menebar Benih Ikan Lele Kolam

penyakit lele Radang usus

Jenis penyakit yang satu ini memang kerap kali menyerang lele sangkuriang. Biasanya jenis lele yang terserang jenis penyakit yang satu ini akan terlihat seperti tiang listrik di dalam kolam alias lele sangkuriang tersebut menggantung di dalam permukaan air kolam tersebut.

Penyakit lele Radang kulit

Untuk jenis penyakit yang satu ini biasanya baru bisa terlihat apabila timbulnya bercak-bercak kemerahan di sekitar kulit lele sangkuriang tersebut. Biasanya lele yang terkena serangan penyakit radang kulit ini tidak mudah untuk di jual di pasaran, karena lele tersebut memiliki penampilan yang tidak menarik dan sangat menjijikan.

Penyakit Lele Asam lambung

Lele sangkuriang ternyata juga memiliki penyakit asam lambung atau yang sering di sebut perut kembung. Biasanya lele yang terserang penyakit asam lambung ini memiliki ciri-ciri perut yang kembung.

Jangan spelekan jika perut lele tersebut mengalami kembung, akibat angin. Sehingga penyakit tersebut harus di atasi secara baik dan benar agar tidak menimbulkan sesuatu hal yang tidak diinginkan.

Pengendalian Hama Penyakit Pada Ternak Lele Sangkuriang

penyakit Lele Radang insang

Selain itu, lele sangkuriang ini juga sangat mudah sekali terserang penyakit radang insang. Penyakit radang insang ini biasanya dapat di sebabkan oleh parasit. Parasit ini muncul di karenakan kolam untuk perkembang biakan lele sangkuriang ini tidak dalam kondisi yang bersih.

Penanggulangan penyakit lele sangkuriang

Semua jenis penyakit yang menyerang lele sangkuriang ini pastinya dapat di atasi. Akar penyebab dari serangan penyakit ini ialah kurang terjaganya lingkungan di sekitar kolam lele tersebut, sehingga segala macam penyakit mudah menyerang lele sangkuriang tersebut.

Maka dari itu kita harus rajin-rajin dalam menjaga kebersihan lele sangkuriang tersebut.Demikian yang bisa saya tuliskan sore ini tentang Pengendalian Hama Penyakit Pada Ternak Lele Sangkuriang semoga bisa berguna dan membantu..Baca juga 6 Jenis Pakan lele Sangkuriang Alami Buatan Murah Berkualitas

Advertisement
Pengendalian Hama Penyakit Pada Ternak Lele Sangkuriang | admin | 4.5