Tahap Pembesaran Ikan Nila Dan Pemilihan Bibit Unggul

Tahap Pembesaran Ikan Nila Dan Pemilihan Bibit Unggul – Budidaya Ikan Nila memang tergolong mudah jika kita mengetahui teknik serta caranya.Setelah semuanya selesai di lakukan,baik itu peralatan dan bahan dengan baik dan benar, maka yang selanjutnya dapat kita lakukan ialah tahap pembesaran. Tahap pembesaran ini merupakan sesuatu tahap yang paling sulit di bandingkan dengan tahap-tahap yang lainnya.

Biasanya dalam melakukan tahap pembesaran ikan nila ini dapat di lakukan di tempat kolam yang terbuka. Kolam atau wadah yang di maksud tersebut tidak harus di tempat yang mewah, melainkan hanya kolam tanah. Kolam atau wadah jenis yang satu ini memang baik untuk di gunakan dalam tahap pembesaran.

Advertisement

Dalam melakukan tahap pembesaran ikan nila ini biasanya harus di lakukan dengan tahap yang benar. Pembesaran ikan nila dengan tahap yang baik dan benar akan dapat banyak menghasilkan lebih banyak keuntungan yang lebih tinggi.

Tahap Pembesaran Ikan Nila Dan Pemilihan Bibit Unggul

Bukan hanya itu saja, dalam hal ingin mendapatkan keuntungan yang lebih tinggi ini kita juga harus memilih lokasi budi daya yang sesuai dan juga selain itu pemilihan benih yang berkualitas tinggi juga harus di lakukan secara baik dan benar, agar keberhasilan dapat sangat mudah untuk kita raih.

Tahap Pembesaran Ikan Nila Dan Pemilihan Bibit Unggul

Persiapan kolam pembesaran Ikan Nila Ternak

Dalam melakukan pembudi dayaan ikan nila ini, yang pertama kali harus di lakukan ialah mempersiapkan kolam yang akan di gunakan untuk tahap pembesaran. Persiapan kolam tersebut merupakan hal yang paling utama harus di lakukan karena tanpa adanya kolam ikan-ikan tersebut tidak dapat di budidayakan dengan baik.

Usahakan dalam pembuatan kolam atau wadah tersebut harus di lakukan di sekitar tempat saluran pembuangan. Karena jika di letakkan di sekitar tempat saluran pembuangan, maka itu akan memudahkan petani nila untuk melakukan pembersihan terhadap kolam ikan tersebut.Tulisan terkait Kelebihan Usaha Bisnis Ikan Nila Budidaya Cukup Mengiurkan

Jenis kolam atau wadah ikan nila ini biasanya memiliki dinding yang berasal dari terpal atau pun batu. Tetapi untuk lantai dasarnya bisa berupa batu semen atau pun juga bisa tanah kosong. Untuk pengairannya, biasanya dapat di lakukan dengan menggantinya minimal 2 bulan sekali.

Usahakan pergantian air kolam atau wadah ini di lakukan secara rutin, jika tidak di lakukan secara rutin, maka takutnya akan terjadinya serangan hama atau pun bakteri di dalam kolam atau wadah pembudidayaan ikan nila tersebut.

Tahap Pembesaran Ikan Nila Dan Pemilihan Bibit Unggul

Kolam pembesaran ikan nila ini sebaiknya harus di bersihkan sewaktu-waktu. Karena kolam yang bersih, itu pastinya akan membuat ikan nila tumbuh dengan baik. Untuk airnya sendiri tidak boleh sampai dalam keadaan yang keruh, jika keruh sebaiknya langsung segera di ganti dengan air yang bersih.

Biasanya kolam tanah tersebut dapa di bangun dengan kedalaman yang mencapai 2-2,5 m. Kedalaman kolam tersebut tidak boleh di kurangi dan di tambah lagi, agar kolam tersebut tetap dalam keadaan yang baik dan tentunya tetap membuat nila tumbuh sesuai dengan tahap yang telah di tentukan.

Advertisement

Memilih Benih Ikan Nila Unggul kualitas ternak

Dalam hal melakukan budidaya ikan nila ini hal yang sangat penting dan harus kita lakukan ialah memilih benih yang sesuai dengan keadaan lingkungan di sekitar tempat pembudidayaan tersebut. Usahakan benih yang akan di gunakan dalam Budidaya ikan nila ini harus memiliki kualitas yang lebih baik.

Pemilihan kualitas benih ikan nila yang lebih baik dan lebih unggul ini, memang sangat berguna bagi pertumbuhan ikan nila tersebut pada nantinya. Jika melakukan pemilihan benih ikan nila yang sesuai dan tepat, maka sudah di pastikan kesuksesan akan menghampiri usaha pembudi dayaan kita.

Biasanya untuk benih ini bisa di dapatkan dengan cara melakukan pengambilan dari indukan nila yang memiliki kualitas baik pula. Pemilihan benih-benih nila tersebut bisa langsung di dapatkan dengan cara melihat bentuk dan jenis dari benih ikan nila tersebut.Simak Juga Tips Memulai Usaha Budidaya Ternak Ikan Nila Pemula

Untuk mendapatkan benih yang berkualitas lebih baik ini biasanya juga di dapatkan melalui cara pemijahan dan tidak berasal dari keturunannya. Selain dari pada itu benih ikan nila ini juga harus di kelompokkan sesuai dengan asal usulnya dan juga harus sesuai dengan bobot dan panjang nya.

Tahap Pembesaran Ikan Nila Dan Pemilihan Bibit Unggul

Jika ingin mengetahui kualitas dari benih nila tersebut apakah berkualitas baik atau tidaknya kita bisa melihatnya dari gerak gerik dari benih tersebut. Biasanya benih yang berkualitas baik akan terlihat lincah dan tentunya lebih sedikit agresif.

Ciri benih ikan nila sehat

Bukan hanya itu tingkat kelincahan dari benih nila tersebut bisa kita lihat dari kelincahan benih tersebut terhadap arus air yang ada di sekitar tempat pembudi dayaan benih ikan nila tersebut. Tetapi dalam pemilihan benih ikan nila tersebut juga harus secara detail dan hati-hati.

Karena pasalnya benih ikan nila yang memiliki bobot terlalu berat tidak akan bertahan terlalu lama dan benih tersebut tidak di katakan sebagai benih yang memiliki kualitas baik dan unggulan. Jika kita memilih benih ikan nila yang gesit atau lincah, maka pertumbuhan ikan tersebut akan semakin cepat.

Semakin cepat pertumbuhan ikan nila tersebut tentunya akan semakin baik dalam hal perternakan ikan nila tersebut. Benih ikan nila yang pergerakannya kurang gesit atau kurang lincah, maka itu sudah di pastikan bahwa kualitas yang di miliki oleh benih ikan nila tersebut tidak baik atau pun bisa di bilang tidak unggul.

Pemilihan benih yang lincah ini memang sangat di pentingkan agar kita mendapatkan kualitas ikan nila yang lebih baik lagi. Jika benih yang di dapatkan tersebut memiliki kualitas baik, maka daging dari ikan tersebut akan lebih baik juga.

Jika kita telah mendapatkan benih yang berkualitas baik dan unggul, maka yang harus kita pertahankan selanjutnya ialah pengangkutan benih. Usahakan pengangkutan benih tersebut di lakukan sebaik mungkin, agar benih-benih nila tersebut tidak mudah tergoncang yang dapat mengakibatkan kerusakan pada benih tersebut.demikian Tahap Pembesaran Ikan Nila Dan Pemilihan Bibit Unggul semoga bisa berguna dan membantu..Baca juga Bahan Peralatan Sebelum Budidaya Ikan Nila Kolam

Advertisement
Tahap Pembesaran Ikan Nila Dan Pemilihan Bibit Unggul | admin | 4.5