Teknik Membuat Filter Kolam Ikan koi Buatan Sendiri

Teknik Membuat Filter Kolam Ikan koi Buatan Sendiri – Kolam koi dan filter ini merupakan suatu jenis kolam untuk koi dengan desain bentuk yang cukup sederhana dan di buat tanpa mengeluarkan biaya yang cukup besar untuk membuat nya. Karena pada dasarnya kolam koi dan filter untuk koi ini dapat di buat dengan barang-barang yang telah bekas.

Tetapi ada baiknya jika pembuatan kolam dan filter untuk ikan koi ini menggunakan barang-barang yang berkualitas baik. Sehingga kolam koi tersebut dapat terlihat sangat menarik dan juga memiliki nilai harga yang cukup apabila di anakannya pameran kolam koi.

Advertisement

Biasanya untuk filter yang ada di dalam kolam ikan koi tersebut dapat di kita buat sendiri. Pembuatan filter kolam koi ini dengan sendirinya dengan ketelatenan itu akan membuat penampilan kolam ikan koi tersebut akan semakin menarik dan juga terlihat terkesan sederhana..

Teknik Membuat Filter Kolam Ikan koi Buatan Sendiri

Teknik Membuat Filter Kolam Ikan koi Buatan Sendiri

Biasanya pada saat pembuatan filter untuk kolam ikan koi ini kita dapat mempersiapkan berbagai macam alat-alat yang di perlukan. Berbagai macam alat yang akan di pergunakan untuk pembuatan filter kolam koi ini pun sangat mudah untuk di cari di sekitar tempat tinggal kita.Simak juga Ciri Fisik Ikan Koi Kohaku Bagus Mudah Dipelihara

Barang-barang yang harus di persiapkan untuk melakukan pembuatan filter kolam koi ini ialah seperti : drum, drum, pipa paralon, lem dan juga gergaji besi. Semua perlengkapan untuk membantu pembuatan filter untuk kolam ikan ini memang harus di lengkapi, agar pada saat melakukan pembuatan filter tidak terjadi kendala.

Untuk melakukan pembuatan filter pada kolam ikan koi ini kita dapat langsung membuat lubang pada bagian bawah drum yang memiliki ukuran yang sama dengan pipa paralon yang akan di gunakan tersebut. Lubang yang di buat pada bagian bawah drum tersebut harus di buat dengan cara yang rapi dan juga sesuai dengan pipa paralon tersebut.

Setelah lubang selesai di buat, maka selanjutnya yang dapat kita lakukan ialah memasang shock drat. Shock drat ini harus di pasang dengan benar, karena jika tidak maka drum tersebut akan mengalami kebocoran. Setelah itu, lalu pasang pipa paralon sesuai dengan ukuran lubang yang telah di buat tadi.

Jika semua telah di pasang dengan cara yang baik dan benar, maka selanjutnya kita langsung dapat memasang pipa untuk outlet. Pipa outlet tersebut di pasang dengan menggunakan pipa L yang menghadap ke atas. Pipa L yang menghadap ke atas ini dapat berfungsi agar oksigen dapat terus masuk ke dalam kolam ikan koi tersebut.

Oksigen yang masuk ke dalam kolam koi tersebut, dapat memasuki kolam seiring dengan masuknya udara pada pipa yang berbentuk L tersebut. Bukan hanya itu saja, pipa yang berbentuk L tersebut juga dapat memasukkan suplay air baru ke dalam kolam pembudidayaan koi tersebut.Baca juga 7 Jenis Ikan Koi Bagus Untuk Perlombaan Kontes

Kolam Ikan Koi Dan Pompa Air

Pada saat ini sudah banyak sekali kita temui tentang kolam koi yang memakai pompa air. Pompa air yang di gunakan untuk kolam ikan koi ini juga bukan jenis pompa air yang biasa saja. Melainkan pompa air yang memiliki kualitas yang lebih baik.

Advertisement

Untuk pembuatan pompa air untuk kolam ikan koi ini juga harus di buat berdasarkan dengan ukuran kolam ikan koi tersebut. Jika kolam koi tersebut berbentuk lebih besar, maka pompa air yang harus di buat untuk kolam koi tersebut juga harus berukuran besar, begitu pun sebaliknya.

Teknik Membuat Filter Kolam Ikan koi Buatan Sendiri

Berikut ini kita akan menjelaskan sedikit tentang pompa air untuk kolam koi yang berukuran mini. Jika anda ingin mengetahuinya lebih lanjut, anda bisa melihatnya di bawah ini :

Model Pompa air untuk kolam mini Ikan Koi

Seperti yang telah di ketahui tadi, bahwa untuk jenis kolam mini biasanya harus menggunakan jenis pompa air mini juga. Jadi jika kita memiliki kolam ikan koi yang berukuran mini, kita bisa mengaplikasikannya dengan pompa air yang berukuran mini pula.

Tetapi untuk jenis kolam mini ini biasanya hanya di bisa di gunakan untuk jenis ikan koi hias saja. Selain sering di gunakan untuk kolam ikan koi hias saja, kolam mini ini juga dapat di jadikan sebagai kolam karantina.

Tetapi jika kolam mini ini di jadikan sebagai kolam karantina, maka ada baiknya jika kita memberikan jenis pompa air yang berkapasitas lebih besar, agar koi karantina tersebut bisa mendapatkan suplay oksigen yang lebih banyak lagi.Tulisan terkait Cara Membuat Kolam Ikan Koi Minimalis Anakan Induk

Perlu anda ketahui, walaupun kolam budidaya ikan koi tersebut berbentuk mini, bukan berarti kolam koi tersebut menggunakan pompa air yang mini. Pompa air yang berukuran lebih besar juga dapat di gunakan untuk jenis kolam mini ikan koi ini.

Jenis Pompa untuk kolam ikan koi

Pompa air yang berukuran lebih besar ini biasanya lebih banyak memiliki keuntungan. Salah satu keuntungan yang bisa di dapatkan ketika menggunakan jenis pompa yang lebih besar ini ialah kolam ikan pembudi dayaan tersebut otomatis lebih banyak mendapatkan suplay oksigen.

Teknik Membuat Filter Kolam Ikan koi Buatan Sendiri

Biasanya jenis kolam mini yang menggunakan pompa air yang berukuran kecil ialah dapat berupa seperti akuarium dan sejenisnya. Karena akuarium ini tidak membutuhkan banyak ikan koi, sehingga untuk ukuran pompa airnya pun tidak harus lebih besar.

Untuk kolam koi mini ini ternyata memiliki beberapa daftar yang bisa di jadikan referensi anda. Jika anda ingin mengetahuinya, anda bisa langsung melihatnya di bawah ini :

  • Atman AT-106
  • Lifetech AP5300
  • Resun SP 5200
  • Aquila P5200

Rata-rata untuk jenis pompa air untuk kolam koi yang berukuran mini tersebut hanya memiliki daya listrik yang cukup rendah. Sehingga untuk pompa air ini sangat aman untuk di gunakan di berbagai kalangan, biasanya untuk pompa air memiliki daya listrik sekitar 45 Watt.demikian Teknik Membuat Filter Kolam Ikan koi Buatan Sendiri salam..Baca juga Penyakit Ikan Koi Dan Pengobatan Secara Cepat

Advertisement
Teknik Membuat Filter Kolam Ikan koi Buatan Sendiri | admin | 4.5