Tips Memulai Usaha Budidaya Ternak Ikan Nila Pemula

Tips Memulai Usaha Budidaya Ternak Ikan Nila Pemula – Budidaya ternak Ikan nila ini merupakan jenis ikan air tawar yang dapat di jadikan sebagai usaha perdagangan cuku mengiurkan. Memulai usaha ternak budidaya dengan menggunakan ikan nila ini merupakan sesuatu yang tepat sekali untuk di lakukan.

Dalam melakukan usaha pembudidayaan ikan nila ini di butuhkan kesabaran yang sangat besar, karena usaha pembudidayaan ini tidak mudah untuk di lakukan

Advertisement

Sebelum anda memulai usaha pembudidayaan ikan nila ini, ada baiknya jika anda mengetahui jenis dan kebiasaan dari ikan nila tersebut. Bukan hanya itu saja, dalam memulai usaha pembudidayaan ikan nila ini yang paling di pentingkan ialah lokasi tempat pembudidayaannya tersebut.

Usahakan lokasi yang di pilih sebagai tempat perkembangbiakan ikan nila ini harus sesuai dengan keadaan ikan nila tersebut. Dalam melakukan pemilihan lokasi ini harus di lakukan sesuai dengan karakter dari ikan nila tersebut. Selain dari itu, lokasi yang di gunakan untuk perkolaman ini pun harus di pilih dengan memenuhi kriteria dan aspek teknis, ekonomis, dan sosial.Baca juga 6 Jenis Pakan lele Sangkuriang Alami Buatan Murah Berkualitas

Tips Memulai Usaha Budidaya Ternak Ikan Nila Pemula

Tips Memulai Usaha Budidaya Ternak Ikan Nila Pemula

Sebelum kita melakukan proses pembudidayaan ikan nila, ada baiknya jika kita melihat kualitas air yang akan di gunakan tersebut. Kualitas air dalam hal pembudidayan ikan nila ini memang harus terjaga, jika tidak menjaga kualitas air, maka pembudidayaan ikan nila tersebut tidak akan berjalan dengan lancar.

Pastikan air yang akan di gunakan dalam melakukan pembudi dayaan ini tidak terserang hama atau pun bakteri yang dapat menyebabkan timbulnya penyakit pada ikan nila tersebut. Maka dari itu kualitas air dalam melakukan pembudi dayaan tersebut harus benar-benar di jaga dengan baik.

Seperti yang telah kita ketahui, bahwa ikan nila ini merupakan jenis ikan yang tidak bisa hidup di dalam permukaan air yang jorok dan keruh. Bukan hanya itu saja, ikan nila ini juga tidak dapat di tempatkan di dalam permukaan air yang asin alias hanya dapat di tempatkan di dalam kolam air tawar saja.

Bukan hanya itu saja, sebelum melakukan usaha pembudidayaan ikan nila, ada baiknya jika kita menentukan lokasi pembudidayaan. Ada pun kriteria yang harus di penuhi ialah sebagai berikut :

Kualitas Air Untuk ternak Ikan Nila

Sebelum melakukan proses pembudidayaan, hal yang harus dan penting untuk di lihat ialah air. Air ini merupakan sesuatu yang paling terpenting di dalam suatu pembudidayaan.

Untuk jenis ikan nila ini biasanya menggunakan jenis air tawar dalam melakukan pembudidayaannya. Jika ikan nila ini di budidayakan di tempat air selain air tawar, maka itu akan berdampak buruk terhadap perkembangan ikan nila pada nantinya.Tulisan terkait tentang lele sangkuriang Panen lele Sangkuriang Umur Dan Tekniknya Secara Benar

Selain dari pada itu, kualitas air juga harus di jaga dengan baik. Jika kualitas air memburuk, maka itu akan membuat pertumbuhan dari ikan nila ini juga akan semakin memburuk. Usahakan air yang di gunakan di dalam kolam pembudidayaan tersebut harus rutin untuk di ganti.

Tips Memulai Usaha Budidaya Ternak Ikan Nila Pemula

Advertisement

Biasanya pergantian air ini dapat di lakukan sekitar 2 minggu sekali. Pastikan untuk air yang di gunakan ini harus terbebas dari serangan hama atau pun penyakit lainnya yang bisa mengakibatkan gangguan pada ikan nila tersebut.

Jenis tanah paling tepat Sebagai Lokasi Budidaya

Selain dari air, tanah yang akan di gunakan untuk membuat kolam pembudidayaan ikan nila tersebut juga harus sesuai dengan kriteria ikan nila tersebut. Biasanya tanah yang sering di gunakan dalam pembudidayaan ikan nila tersebut ialah berjenis tanah yang kasar, halus dan liat.

Usahakan dalam melakukan pembudidayaan ikan nila ini tidak boleh di lakukan di tempat lahan yang bersifat gambut. Karena lahan tersebut akan membuat ikan nila menjadi tidak akan hidup tahan lama di tempat atau lokasi tersebut.

Tanah yang subur tentunya dapat menjadi faktor utama dalam kesuksesan pembudidayaan ikan nila, maka dari itu pemilihan jenis tanah juga harus di terapkan dengan baik.

Perhatikan Kandungan Zat Pada air Kolam Ikan Nila

Berikut ini merupakan jenis kualitas komoditas air yang sering di di gunakan untuk ikan nila air tawar. Jika anda ingin mengetahuinya, lihat lah di bawah ini :Baca juga Analisis Usaha Ternak Budidaya Lele Sangkuriang Rumahan

Karbon dioksidaTips Memulai Usaha Budidaya Ternak Ikan Nila Pemula

Karbon dioksida ini memang sangat penting bila berada di alam air kolam tersebut. Pasalnya karbon dioksida ini di perlukan untuk fotosintesa oleh kehidupan tanaman air. Bukan hanya itu saja, karbon dioksida ini juga dapat berguna sebagai oksigen di dalam air.

 

Alkalinitas

Alkalinitas ini merupakan suatu bahan yang dapat atau yang mampu menetralisirkan keasaman yang berada di dalam air kolam ikan nila tersebut. Jadi dengan adanya alkalinitas, keasaman tersebut dapat di netralisirkan dengan baik.

Suhu air

Selain dari pada itu, kualitas juga dapat di tentukan dari suhu air yang terdapat di dalam kolam ikan nila tersebut. Pastikan kolam ikan nila tersebut memiliki suhu udara sekitar 20 derjat kebawah. Jika kolam ikan tersebut memiliki suhu udara yang panas, maka itu akan mengganggu proses perkembang biakan ikan nila tersebut.

Apalagi pada saat ikan nila tersebut sedang mengembang biakkan telur-telurnya, saat itu lah ikan nila tersebut membutuhkan kolam pengembang biakan yang bersuhu sangat rendah.

Tips Memulai Usaha Budidaya Ternak Ikan Nila Pemula

Konsentrasi oksigen terlarut

Seperti yang telah kita ketahui, bahwa ikan nila merupakan jenis ikan yang dapat bernafas menggunakan oksigen. Artinya kandungan oksigen yang ada di dalam air kolam tersebut harus dalam keadaan yang baik dan tidak mengalami perubahan.

Derajat keasaman

Dalam melakukan pembudidayaan ikan nila di dalam kolam, ada baiknya jika kita melakukan pengecekan terhadap derajat keasaman yang ada pada kolam ikan nila tersebut. Pengukuran terhadap derajat keasaman yang ada di dalam kolam ikan nila tersebut memang sangat di pentingkan.

Untuk pH tersebut biasanya di pertahankan pada nilai netral seperti 4,8 – 5,6.Mungkin hanya ini tulisan mengenai Tips Memulai Usaha Budidaya Ternak Ikan Nila Pemula semoga bisa bermanfaat dan berguna..Tulisan terkait lain Kelebihan Usaha Bisnis Ikan Nila Budidaya Cukup Mengiurkan

Advertisement
Tips Memulai Usaha Budidaya Ternak Ikan Nila Pemula | admin | 4.5