Tips Sukses Ternak Kelinci Potong Dan Pedaging

Tips Sukses ternak kelinci potong dan pedaging – Sukses dengan menggeluti bisnis mungkin menjadi salah satu dambaan banyak orang.begitu juga degan sukses ternak kelinci potong dan ternak kelinci pedaging,Mungkin masih banyak orang yang enggan kurang melihat prospek bisnis kelinci jenis potong dan pedaging ini..

Jika dalam tulisan saya sebelumnya sudah saya bahas secara mendetail tentang 7 kelebihan ternak kelinci pedaging yang mungkin juga akan memberikan motifasi bagi anda jika selama ini masih ragu untuk melihat peluang pasar ternak kelinci padaging dan jenis kelinci potong ini..

Banyak faktor yang bisa membuat suatu bisnis ternak kelinci bisa sukses dan berjaya,salah satunya adalah dengan berfikir secara optimis,sabar,telaten,ulet dan menggeluti dengan iklas tanpa memperhitungkan laba yang tinggi..

Advertisement

Jalani apa adanya,nantinya juga akan membuahkan hasil sesuai apa yang anda inginkan.Selain itu,sebelum terjun ke ternak dunia kelinci potong dan pedaging,maka pengertian lebih mendalam tentang sifat dan karakter kelinci juga wajib anda ketahui..Tips Sukses Ternak Kelinci Potong Dan Pedaging

Tips Sukses Ternak Kelinci Potong Dan Pedaging

Langkah awal sebelum ternak kelinci potong dan kelinci pedaging adalah pemilihan bibit unggul.Bibit kelinci nantinya akan menentukan kualitas dan keberhasilan yang akan anda peroleh,maka dari itu,langkah awal dengan pemilihan bibit ini sangat penting dan tidak boleh asal bibit yang di gunakan ternak..

Pilihlah bibit kelinci dengan kondisi sehat baik fisik dan batin,tidak cacat,tidak sakit dan bibit kelinci memiliki pertumbuhan secara normal dan biasanya jenis kelinci ini akan lebih tehan terhadap segala jenis serangan penyakit..

Berikan pakan yang berkualitas unggul

Pakan juga akan menentukan suatu usaha,kususnya bagi kelinci,semakin bagus dan berkualitas jenis pakan yang anda berikan,tentunya juga akan mempengaruhi kualitas kelinci semakin memiliki pertumbuhan cepat besar dan lebih terjamin kesehatannya..

Selain itu,perhatikan juga kandungan Gizi di dalam pakan yang kita berikan.kelinci sangat membutuhkan lebih banyak asupan antara lain protein,gizi,karbohidrat,lemak,serat dan mineral secara cukup untuk mendapatkan pertumbuhan kelinci unggulan..

Baca juga : Potensi Bisnis Ternak Kelinci Pedaging Pemula

Advertisement

Dan semua zat yang di butuhkan kelinci tersebut dapat kita peroleh di pakan sayur hijauan,pelet,buah,rumput dan konsentrat yang kita berikan setiap harinnya.Nah supaya kelinci memiliki pertumbuhan gizi lebih seimbang,maka pakan yang kita berikan juga wajib kita berikan beragam dan dari berbagai vareasi.dari beberapa jenis pakan bisa di kombinasikan menjadi satu..

Pola pemberian pakan kelinci

Pemberian pakan secara teratur lebih bagus untuk kita lakukan.akan lebih bagus lagi,jika pemberian pakan pada kelinci kita berikan jadwal kusus.hal ini untuk menjaga kesehatan kelinci dan ketahanan tubuhnya..

Yang mungkin perlu anda ketahui,jika kita sampai telat memberi pakan pada kelinci,hal ini mampu membuat kelinci tersebut lemas.bahkan tak jarang di temui,buruknya tata cara pemberiaan pakan bisa membuat kelinci mengalami kematian.

Sebagai contoh saja,jika biasa kita berikan 2 kali dalam sehari.dan kita kurangi porsi jatah pakan hariaanya.dan selanjutnya untuk hari berikutnya jumlah pakan kita berikan secara berlebih,tentu cara pemberian pakan yang kurang stabil dan tidak terjadwal ini akan berdampak negatif bagi kesehatan kelinci..

Berikan pakan bersih dan selalu segar

hal ini juga penting untuk selalu anda perhatikan,pakan berkualitas baik adalah pakan yang bersih baik dari zat beracun dan pakan juga masih dalam keadaan segar.pakan yang sudah layu,kotor dan berjamur akan membuat kelinci mengalami sakit dan kematian,maka dari itu,hindari pemberian pakan dengan jenis tersebut..

Pakan yang telah jatuh dan terinjak-injak oleh kelinci juga harus kita buang dan tidak kita berikan,sebab pakan tersebut sudah tidak higienis dan kurang agus untuk kesehatan kelinci.baik yang masih anakan dan kelinci dewasa.

Untuk pakan berupa hijauan,misal dari jenis sayuran,pakan bisa kita ikat dan gantung untuk teknik pemberiannya.hal ini akan lebih bagus untuk menghindari pakan terinjak kelinci dan akan mudah menjadi busuk.Yang terpenting pakan berupa sayuran tidak menyentuh langsung pada lantai kandang kelinci..

Selalu menjaga kebersihan kandang

Untuk mendapatkan kelinci selalu sehat dan mampu berkembang dengan baik,maka kebersihan kandang juga harus kita jaga,kandang kelinci kita sapu dan bersihkan setiap hari,baik lantai kandang,sisa pakan dan kolong kandang..

Penyakit yang biasa menyerang pada kelinci biasanya datang dari kotornya sebuah kandang yang mengundang sebuah bakteri dan virus dan lama-kelamaan akan menjangkiti kelinci,hal inilah yang bisa menyebabkan penyebaran penyakit dalam suatu kandang bisa terjadi dengan cepat jika kebersihan tidak selalu kita perhatikan..

Kandang kelinci juga harus aman dan tenang,hindari dari binatang buas,misal kucing,tikus,ular,manusia yang bisa mengancam nyawa kelinci,jika hal ini terjadi,kelinci akan lebih mudah drop dan jatuh mental.yang bisa menyebabkan kematian mendadak pada kelinci yang mana kelinci memiliki tingkat sensitif sangat tinggi..

Baca juga: 7 Kelebihan Bisnis Ternak Kelinci Pedaging

Demikian sedikit penjelasan tentang Tips Sukses Ternak Kelinci Potong Dan Pedaging semoga bisa berguna dan bermanfaat bagi anda yang baru merintis ternak kelinci potong dan kelinci pedaging salam..

Advertisement
Tips Sukses Ternak Kelinci Potong Dan Pedaging | admin | 4.5